Tahapan Membangun Bisnis Online

Tahapan Membangun Bisnis Online

8 Tahapan Membangun Bisnis Online untuk Pemula

tahapan membangun bisnis onlineJumpa lagi guys…udah hampir 3 hari saya gak update artikel di blog ini ya? Maklum ada kegiatan kemasyarakatan yang mesti juga saya kerjakan. Jadi gak mesti di online terus hehe semua harus seimbang kata orang pintar baru hidup bisa nyaman.

Setelah kita banyak belajar mengenai apa itu bisnis online, bagaimana cara memulai bisnis online, cara memilih bisnis online untuk pemula. Dan lainya. Maka pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang 8 tahapan membangun bisnis online  di internet yang mesti di lalui untuk bisa menjalankan bisnis online dan sukses menghasilkan uang dari internet.

Menurut pengalaman penulis pribadi ada 8 tahapan bisnis online yang mesti dilalui oleh para pemula yang ingin berhasil di bisnis online. 8 tahapan ini berlaku untuk semua jenis produk di internet baik itu produk sendiri (Product Owner) atau produk orang lain. Semua yang mau menjalankan bisnis di internet pasti akan melalui ke 8 tahapan ini untuk bisa berhasil.

8 tahapan membangun bisnis online ini sudah saya jalani hampir 3 tahun lebih, baik itu untuk produk affiliate,produk sendiri, atau produk fisik. Jika kamu berminat untuk menjalankan salah satu dari ke 3 jenis produk diatas, maka kamu harus pahami betul-betul ke 8 tahapan ini. Agar kamu bisa menemukan jalan pintas untuk mencapai kesuksesan di bisnis online. Tidak perlu mengalami trial dan error seperti waktu saya pertama kali merintis bisnis online dulu.

Karena jika kamu sudah memahaminya dan membuktikan sendiri dengan mempraktekkan pada bisnis kamu, maka kerja kamu tinggal mengaplikasikannya ke bisnis kamu saat ini. Gunakan rumus ATM Bukan berarti mesin atm lo hehe tapi artinya AMATI, TIRU, MODIFIKASI.

  • Amati disini berarti kamu tinggal amati bisnis mana yang kira-kira bisa kamu jalankan dari para kompetitor kamu, kamu bisa menjalankan bisnis yang sama namun dengan konsep yang berbeda.
  • Tiru, tiru disini bukan berarti anda meniru 100% sama dengan pesaing kamu, tapi kamu belajar dari mereka bagaimana mereka bisa sukses, bagaimana cara mereka promosi, dimana mereka promosi,apa saja yang mereka lakukan, dan lain sebagainya.
  • Sedangkan modifikasi, artinya kamu tinggal memodifikasi bisnis dari kompetitor kamu tersebut, dengan begitu kamu akan bisa sukses seperti mereka malah mungkin bisa lebih cepat dan sukses dari mereka.

Ok, inilah ke 8 Tahapan Membangun Bisnis Online itu

  1. How To Set Mindset
  2. Tahapan Memilih Sumber Income di Bisnis Online
  3. Pesiapan Memulai Bisnis Online
  4. Meng-onlinekan Bisnis Kamu di Internet
  5. Mendatangkan Trafik (Promosi)
  6. Membuat Bisnis Berjalan Otomatis
  7. Modal Minimal yang di Butuhkan

tahapan membangun bisnis online

Baiklah mari kita bahas satu persatu ke 8 Tahapan Membangun Bisnis Online ini:

  1. Tahapan Membagung Bisnis Online yang pertama adalah HOW TO SET MINDSET atau SETING POLA PIKIR. Ini artinya sebelum kamu akan memulai menjalankan bisnis online, kamu harus seting dulu pola pikir kamu dengan mindset pebisnis sukses. Dalam seting mindset ini ada 12 point yang harus kamu perhatikan, diantarannya:- Keberanian. Sejak kamu memutuskan untuk terjun di bisnis online kamu harus memiliki keberanian untuk semua hal yang mungkin akan terjadi.
    Yakin dengan diri sendiri. Bagaimana orang lain akan percaya dengan kamu sedangkan kamu sendiri tidak yakin akan diri kamu. Inilah perlunya kamu harus yakin bahwa kamu pasti bisa.
    Memilih hanya yang bagus. Di sini artinya sebelum kamu menjalankan bisnis online pilihlah produk atau mentor yang bagus, yang jelas ketika nanti kamu tawarkan ke orang lain produk tersebut benar-benar bermanfaat untuk orang lain.
    Perjelas apa goal kamu. Kamu harus memiliki tujuan yang jelas ketika memutuskan untuk terjun di bisnis online. Entah itu untuk memperbaiki ekonomi keluarga, bisa memiliki pasif income, dll. Jadi goal kamu harus jelas disini.
    Memiliki tujuan dan visi yang jelas. Kamu harus memiliki visi dan tujuan jangka panjang yang jelas. Misal ingin memiliki karyawan sendiri, bisa membantu tetangga sekitar memiliki pekerjaan atau bisa menyediakan lapangan kerja untuk orang lain.
    Siap menghadapi tantangan. Siapkan mental kamu untuk siap menghadapi segala tantangan yang akan muncul selama kamu membangun bisnis online kamu.
    Cerdas. Serdas di sini artinya kamu harus cerdas dalam memilih dan mengelola bisnis kamu, agar bisnis kamu bisa berjalan long time.
    Siap ambil resiko. Apapun resiko yang akan menghadang kamu harus sudah siap untuk menghadapinya.
    Mulai dari yang kamu sukai. Jika kamu sudah menyukai suatu hobi atau kesenangan, maka kamu juga akan enjoy menjalankannya.
    Selalu bersyukur. Berapapun hasil yang kamu dapatkan kamu harus selalu mensyukurinya. Tinggal bagaimana kamu berusaha untuk melipat gandakannya.
    Jangan pernah komplen. Jangan pernah komplin pada siapapun apalagi pada diri sendiri. Jangan langsung putus ada tapi cari solusinya.
  2. Tahapan Membagung Bisnis Online yang ke 2 Memilih Sumber Penghasilan di Internet.
    Ada banyak sumber penghasilan yang ada di internet. Namun kamu harus pandai-pandai memilihnya. Jangan sampai hanya karena kamu terburu-buru pingin sukses, akhirnya bisnis yang sudah berjalan akan mandek di tengaj jalan. Hanya karena kamu kurang cocok. Menurut pendapat pribadi saya ada 5 sumber income yang bisa kamu jadikan pilihan untuk memulai membangun bisnis online kamu. Di antarnya:-Affiliate dan Reseller. Model bisnis dengan mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dengan sistem komisi antara 30-70%. Sedang reseller memiliki definisi yang sama, yang bedanya adalah untuk menjadi reseller kita perlu membeli dulu produk dari pemiliknya.
    Produk Sendiri. Model bisnis di internet dimana kita yang memiliki produk dengan membuat sendiri atau dengan cara lainnya yang kemudian kita pasarkan lewat online. Baik dengan cara personal atau dengan menggunakan sistem affiliate atau reseller. Dengan keuntungan 100% milik kita sendiri.
    PPC. Model bisnis dengan mendapatkan komisi dari memberikan space iklan kepada perusahaan atau jasa penyedia PPC seperti adsense atau lainnya.
    Dropshipping. Model bisnis dengan menjual produk fisik yang mana kita sebagai partner dari produk orang lain tanpa harus stok produk,packing, dan kirim barang sendiri. Keuntungan dengan sistem komisi yang dibayarkan secara langsung.
    Jasa. Model bisnis dengan cara membuka jasa di internet dengan skill atau keahlian yang kita miliki.Sebetulnya masih banyak sumber penghasilan yang ada di bisnis online, tapi menurut saya 5 yang sudah saya sebutkan diatas adalah yang paling banyak di jalankan oleh pelaku bisnis online.
  3. Tahapan Membangun Bisnis Online ke 3 adalah Persiapan Memulai Bisnis Online
    Setelah kamu memilih dan menentukan jenis bisnis online apa yang cocok dan akan kamu tekuni, dan juga sudah melihat pangsa pasar yang besar terhadap produk yang akan kamu tawarkan, maka kamu harus mempersiapkan langkah kerja untuk memulai menjalankan bisnis online kamu.Membuat blog adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan, baik untuk menjual produk sendiri atau produk orang lain. Website atau blog ibarat adalah toko kita di dunia online yang bisa di lihat dan di kunjungi calon pembeli dari mana saja selam 24 jam penuh. Untuk anda yang belum punya cukup modal bisa memulai dengan blog gratisan dulu dan caranya bisa kamu baca di cara membuat blog gratis.Tapi jika kamu tidak mau repot dengan tetek bengek tentang pembutan website, kamu bisa memulai bisnis online dengan memanfaatkan link affiliate atau link reseller. Ini hanya untuk kamu yang mau menjual produk orang lain.
  4. Tahapan Membagung Bisnis Online yang yang ke 4 Meng-onlinekan Bisnis KamuKetika blog atau website kamu sudah jadi ada 3 komponen penting yang harus di miliki oleh website kamu agar bisa online. Yaitu domain, hosting, FTP.Domain adalah nama website kamu, seperti suparnoblog.com, sedang hosting adalah ruangan atau tempat untuk menaruh file-file website kamu agar bisa di akses oleh orang lain. Dan FTP adalah suatu program aplikasi yang berguna untuk memindahkan file website kamu dari komputer ke hosting kamu di internet.Tapi jika kamu menggunakan blog gratis seperti petunjuk cara membuat blog gratis.Maka kamu tidak perlu membeli domain dan hosting, sebab website kamu sudah langsung bisa online. Begitu kamu selesai membuat blog dan mengisinya dengan artikel, maka saat itu juga website kamu sudah online. Untuk mengetesnya kamu bisa coba dengan cara mengetikan nama website kamu di google dari PC atau laptop kamu.
    Jika website kamu belum di temukan, kamu bisa mencobanya dalam 2-3 hari lagi. Biasanya google perlu beberapa hari untuk bisa menemukan dan mereview website kamu.
  5. Mendatangkan Trafik (Promosi) adalah Tahapan Membagung Bisnis Online yang ke 5Setelah website kamu online kamu perlu memberi tahu kepada semua orang bahwa kamu sudah memiliki website atau blog. Dan istilah memberi tahukan ke orang lain inilah yang di sebut promosi dalam dunia online. Mengenai cara mendatangkan trafik atau pengunjung ke website akan saya bahas di artikel lain ya.
  6. Tahapan Membagung Bisnis Online yang ke 6 Membuat Bisnis Bisa Berjalan Otomatis
    Tentu anda tidakmau to menunggui toko atau website kamu seharian, kamu tentu mau jika bisnis kamu bisa otomatis berjalan sendiri, kamu tidak perlu mengelolanya setiap hari. Bisnis yang bisa berjalan 24 jam nonstop meskipun anda tinggal berlibur dengan keluarga atau tidur sekalipun.Dan autoresponder adalah jawabanya.Sebuah mesin yang followup otomatis yang betindak sebagai sales pribadi kamu. Mesin ini bisa megirim email ke prospek kamu secara otomatis meski jumlah prospek dan pelanggan kamu ribuan orang, mesin ini akan bekerja terus sesuai dengan jadwal yang sudah kamu atur sebelumnya.Hebatnya lagi mesin ini bisa melakukan pendekatan kepada prospek secara personal sehingga lama-kelamaan prospek kamu akan jadi pelanggan kamu. Dan mesin ini mampu menyebutkan nama dari orang yang mendapat email dari kamu. seolah-olah dia dilayani secara pribadi padahal mungkin dalam waktu yang bersamaan ada ratusan atau ribuan orang yang mendapat email yang sama. inilah kehebatan mesin autoreponder ini yang mampu menjadi asisten pribadi kamu untuk melayani pengunjung secara nonstop 7 hari selama seminggu tanpa anda harus membayar gaji kepada mereka.Inilah aset bisnis online yang sebenarnya. Salah satu rahasia para pebisnis online sehingga mereka mampu membangun data pelanggan puluhan ribu hingga ratusan ribu orang. Mesin autoresponder ini juga yang merupakan rahasia mengapa ada sebagian pebisnis online bisa meraih omset jutaan rupiah perhari, sedang pebisnis lain hanya mendapat recehan saja dari bisnis online. Jika kamu ingin bisa sukses dalam bisnis online kamu juga harus memiliki mesin ini.
  7. Modal minimal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis onlineBanyak pemula yang mau terjun ke bisnis online yang masih bingung dan bertanya kepada saya. Pak berapa modal minimal yang harus di keluarkan untuk memulai bisnis online?Dan kebanyakan dari mereka pelit pada diri sendiri untuk mengeluarkan uang demi kesuksesan mereka.Padahal kalo di pikir tidak ada bisnis yang tidak memakai modal, apapun itu bisnisnya pasti akan butuh modal begitu juga dengan bisnis online. Juga memerlukan yang namanya modal.Namun seperti sudah saya singgung diawal pembahasan ini bahwa untuk memulai bisnis online modal yang di perlukan jauh lebih kecil dibanding dengan kalo kita membuka bisnis konfensional. Dan ini menurut pengalaman pribadi saya untuk membangun bisnis di internet yang bisa mantap dan bisa longtime, saya memberi gambaran sekitar 1-4 jutaan. Begitulah yang sudah saya alami. Uang segitu jika dibanding kamu mau buka bisnis konfensional pasti akan jauh lebih murah. Bandingkan untuk sewa toko di mall atau supermaket aja bisa sampai puluhan juta lo.Jadi menurut saya mengenai berapa besar modal yang di butuhkan untuk mulai membangun binis online adalah relatif. Yang terpenting disini adalah bagaimana kemauan kamu untuk berhasil, disamping itu anda juga harus rela berkoban, baik itu dari segi waktu atau tenaga di awal membangun bisnis online.
  8. Tahapan Membagung Bisnis Online yang terakhir Cari Mentor!
    Untuk kamu yang mau belajar lebih serius tentang bisnis online, saya sarankan untuk mencari mentor (Coaching). Dialah yang akan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis.sebab dengan kamu memiliki mentor maka kamu akan ada pembimbing yang akan mendapingi kamu dalam membangun bisnis online. Ibarat kamu hendak menuju ke suatu tempat mentor adalah penunjuk arah bagi kamu, jangan sampai kamu tersesat di hutan belantara bisnis internet yang luas dan kejam ini. Dan dengan mentor kamu akan lebih cepat mencapai apa yang kamu impikan, sebab mentor kamu sudah tahu jalan pintas untuk menuju kesana.Saya ada beberapa rekomendasi situs milik para mentor atau praktisi yang sudah berpengalaman dan insya Allah bagus untuk Anda mulai belajar bisnis online, sebab disana juga saya belajar membangun bisnis online saya hingga bisa seperti ini.1. Jutawannet.com
    Diasuh oleh Subkhi Suryanto, salah satu internet marketing sukses dan bisnis online di Indonesia. Materinya komplit, panduan A-Z urut dan rapi. Enak banget ngikutinnya.

    Cek disini → Panduan Bisnis Online by Subkhi Suryanto (aff)

    2. Rahasiawebsitepemula.com
    Belajar Cara membuat website bagi para pebisnis online pemula. Disini kamu akan di bimbing cara memulai bisnis online, membuat website dari Nol,
    sampai website kamu benar-benar menghasilkan.Ini penting sekali jika kamu ingin mengelola website secara baik dan benar.
    Teman sekaligus Guru saya Davit Putra sudah membuat panduan dalam bentuk ebook yang insya Allah materinya sangat mudah untuk diikuti khusunya untuk kamu yang masih pemula.

    Cek disini → 7 Rahasia membuat Website Yang Menghasilkan untuk Pemula (aff)

itulah guys ke 8 tahapan membangun bisnis online sukses versi saya. jika kamu ada pendapat lain, jangan lupa kirim lewat kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat…

%d bloggers like this: