Perbedaan Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page

Perbedaan Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page

Anda bingung dengan istilah-istilah di dunia internet seperti Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page? Terus bagaimana membedakan ketiga halaman tersebut? Baiklah beikut ini penjelasan perbedaan ketiga istilah tersebut, biar anda tidak bingung lagi.


Landing page, squeeze page dan sales page intinya adalah sama, hanya saja perbedaannya terletak pada tujuan pembuatannya. Landing page adalah tempat pengunjung membaca penawaan dari produk yang anda tawarkan bisa pada homepage atau halaman lainnya. Sesuai namanya, ini adalah tempat dimana pengunjung pertama kali landing/mendarat.

Baca juga: 5 Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online

Landing page harus yang sepersuasif mungkin, karena kita menginginkan pengunjung untuk masuk ke offer page atau memberi leads. Landing page biasanya bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung, biasanya pengunjung diarahkan untuk melakukan action/tindakan berupa order, subscribe, isi survey dan lain sebagainya. Contohnya landing page ini bisa anda lihat disni

Squeeze page dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan prospek seperti data email dan lainnya. Squeeze page adalah halaman yang mendorong pengunjung untuk memberikan alamat emailnya biasanya di dalamnya terdapat opt-in newsletter. Kalau squeeze page kita adalah tempat pertama kali pengunjung mendarat, berarti squeeze page kita adalah landing page juga. Dan kalau landing page kita ada fasilitas opt-in nya, berarti landing page kita juga merupakan squeeze page. Contohnya bisa anda lihat disini

Sales page dibuat dengan tujuan untuk memberikan sebuah penawaran produk/jasa yang disertai form order. Biasa kita kenal dengan sales offer. Sales page biasa digunakan untuk pemesanan barang yang memerlukan data dari calon customer. Sales page biasanya berada di akhir perjalanan pengunjung. Disinilah terjadi konversi penjualan.

Landing Page dalam sebuah penawaran bisnis di internet adalah hal yang mutlak. Landing page akan memberikan anda kemudahan dalam menangkap data costumer seperti data nama dan email. Untuk itu keprofesionalan dan keeleganan sebuah Landing Page akan sangat menentukan keberhasilan dalam sebuah promosi. Sebesar apapun traffic website anda jika landing page anda tidak professional maka anda akan kehilangan sebagian besar traffic dan konversi penjualan anda jauh dari harapan.

  1. Keberhasilan sebuah Landing Page harus meliputi:
  2. Mudah di Setup dan sangat nyaman untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  3. Proven dalam menangkap informasi pengunjung dengan opt-in.
  4. Mempunyai puluhan template berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  5. Desain template disesuaikan dengan bisnis lokal.
  6. A/B testing untuk mendapatkan landing page dengan konversi tertinggi.
  7. Countdown timer untuk memicu urgency pengunjung segera melakukan action.

Baca juga: 4 Autoresponder Untuk Email Marketing

Inilah beberapa hal yang wajib dalam sebuah landing page agar bisa mendapatkan costumer yang lebih banyak dan tentunya akan membuat bisnis anda semakin besar. Gunakan landing page yang berbeda untuk setiap promosi. Jika ingin mendapat banyak pemasukan, buat halaman arahan khusus untuk poduk-produk yang dipromosikan dan halaman arahan tersebut tidak harus melalui homepage website.

%d bloggers like this: