Saturday , August 18 2018
Breaking News
Home / Bisnis Online / Perbedaan Kerja dan Bisnis
Perbedaan Kerja dan Bisnis
Perbedaan Kerja dan Bisnis

Perbedaan Kerja dan Bisnis

Apa Perbedaan Kerja dan Bisnis ?

Kerja dan bisnis itu keduanya bagus, namun demikian ada perbedaan yang besar. Ini penting kita pahami agar kita mempunyai cara berpikir yang “baru”. Kan Anda punya rencana untuk berbisnis? betul ya?

Bekerja saja misalnya sebagai karyawan atau bisa saja bekerja sendiri seperti memasarkan sesuatu, memungkinkan kita mendapat penghasilan. Hanya saja ketika berhenti bekerja (tidak aktif lagi) maka cenderung berhenti pula hasilnya.

Sedangkan bisnis berarti bekerja juga pada awalnya, tetapi kerjanya lebih fokus “membangun” sesuatu yang pada akhirnya mungkin dapat berjalan dengan sendirinya tanpa selalu menuntut kehadiran kita lagi. Katakanlah, Jadi bos gitu loh. hehe..

Nah, bila Anda berencana untuk menjadi pebisnis, maka rintislah sesuatu yang mungkin dapat beroperasi dengan sendirinya tersebut.

Istilah yang sering digunakan adalah “Membangun Sistem“. Katakanlah Anda mendirikan sebuah salon kecantikan, di dalamnya terdapat:

  • Orang (karyawan yang melakukan tugas potong rambut)
  • Tempat yang Anda sewa
  • Peralatan kerja
  • Aturan Mainnya
  • Pelanggan
  • dan sebagainya

Kemudian Salon Anda mulai ramai dikujungi pelanggan, tukang potongnya sudah ada sendiri dan dengan lancar memotong, begitu juga dengan kasir, dsb.

Lantas pemasukan misalkan 6jt sebulan, biaya-biaya semunya 4jt sebulan. Anda terima 2jt sebulan. Anda tinggal mudik pun salon kecantikan Anda dapat berjalan dengan sendirinya. Sebelum ia dapat berjalan sendiri tersebut tentu Anda perlu membangunnya terlebih dahulu bukan? Ya, memang pada awalnya tetap perlu kerja yaitu membangunnya agar kemudian dapat Anda tinggal dan tetap menghasilkan.

Yes, contoh tersebut memang saya sederhanakan, agar mudah difahami saja.

Mungkin modal untuk mendirikan salon kecantikan cukup besar ya? bisa diatas 30jt sepertinya 🙂

Tenang saja, banyak pilihan bisnis yang jauh lebih mudah dan murah ongkos memulainya, tetapi mempunyai potensi untuk berjalan dengan sendirinya seperti salon kecantikan diatas tadi.

Bekerja adalah sangat baik, penghasilannya adalah penghasilan aktif (aktif income), kalau berhenti aktif maka berhenti pula hasilnya. Sedangkan berbisnis karena bisnis dapat berjalan dengan sendirinya (Anda boleh pasif) setelah dibangun maka penghasilannya disebut penghasilan pasif (pasif income), atau penghasilan yang tetap dapat mengalir walaupun Anda tidak aktif lagi.

Jadi, kalau Anda ingin menikmati penghasilan yang otomatis tersebut, sedangkan saat ini mungkin Anda masih sebagai pekerja maka rintislah suatu usaha yang memungkinkan impian Anda tersebut bergulir dan menjadi kenyataan.

Sekali lagi akan saya kupas tentang bisnis yang cukup gampang dan murah ongkos memulainya, namun demikian tetap besar kemungkinannya untuk memberikan hasil yang besar, secara otomatis, seperti yang Alhamdulillaah telah saya nikmati 🙂

Kita akan bahas lain waktu ya. Itu saja dulu untuk hari ini, semoga Anda mendapatkan pencerahan.

Jadi jangan lupa untuk selalu cek update artikel terbaru dari blog ini, atau anda bisa berlangganan artikel dengan cara memasukkan email anda di form di sebelah kanan web ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya jika bermanfaat.

Salam

About Suparno

Nama saya Suparno, seorang mantan Karyawan. Saya mantan Karyawan yang saat ini berprofesi sebagai seorang full time blogger dan Internet marketer. Saya tinggal di Solo, Jawa Tengah. Selama menjalani bisnis online, saya telah mengalami beragam kegagalan dan trial dan error. Di blog inilah saya berbagi pengalaman tersebut yang semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Check Also

6 Plugin Yang Bisa Membantu Mempercepat Penjualan Anda

6 Plugin Yang Bisa Membantu Mempercepat Penjualan

6 Plugin Yang Dapat Membantu Mempercepat Penjualan Porduk Anda Bagi Sobat pelaku bisnis online terutama ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *