Tutorial Membuat Website Sendiri

Tutorial Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress

Tutorial Membuat Website Sendiri – Download gratis PDF ebook tutorial membuat website sendiri menggunakan wordpress. Di dalam panduan ini saya memberikan step-by-step cara membuat website untuk pemula dengan menggunakan platfom CMS WordPress.

Melihat perkembangan website yang begitu pesat dari tahun ke tahun, saya memberikan panduan untuk membuat web yang dikemas dalam bentuk ebook PDF yang bisa Anda baca dan pelajari kapanpun dan dimanapun tanpa harus terkoneksi internet.

Baca juga: 11 Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli dengan Store Branding.

Ebook ini kami buat singkat dan jelas serta panduan berupa gambar dengan tujuan mudah dipelajari sekalipun Anda pemula di bidang website. Penasaran? Berikut materi yang terdapat dalam ebook tutorial membuat website sendiri ini.

Tutorial Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress
Tutorial Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress

Daftar Isi Ebook Tutorial Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress :

  1. Cara Membeli Domain dan Hosting (di Niagahoster)
    – Pengertian Hosting
    – Pengertian Domain
  2. Cara Instal WordPress Via cPanel
  3. Cara Setting Tampilan Dashboard
  4. Cara Membuat Posting
  5. Cara Membuat Pages
  6. Cara Menggunakan Image Media
  7. Cara Instal Plugin Via Dashboard
  8. Cara Update dan Hapur Plugin
  9. Cara Install Theme Via Dashboard
  10. Cara Update Theme Wordpres
  11. Cara Kostumisasi Theme WordPress
  12. Cara Menggunakan Widget
  13. Cara Menanggani Komentar SPAM
  14. Cara Setting Plugin Akismet
  15. Cara Membuat Form Kontak
  16. Cara Kostumisai Form Kontak

Baca juga: 7 Plugin Wajib Untuk Blog WordPress Anda

Untuk lebih detailnya silahkan download ebook tutorial membuat website sendiri menggunakan wordpress ini untuk penjelasan lebih lengkap. GRATIS kog :D. Anda hanya cukup klik tombol download dibawah, kemudian isi data, konfirmasi dan download.

Tutorial Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress

7 Plugin Wajib Untuk Blog WordPress

7 Plugin Wajib Untuk Blog WordPress Anda

Plugin Wajib Untuk Blog WordPress – Ketika anda membuat sebuah website atau blog dengan wordpress, ada beberapa tools yang wajib harus anda tambahkan ke dalam blog anda tersebut. Tools ini dalam dunia bloging lebih familiar di sebut dengan plugin. Plugin merupakan suatu alat tambahan yang bisa kita install di blog kita untuk lebih meningkatkan kinerja dari blog tersebut.

Ibarat sebuah mobil maka mobil tersebut kita modifikasi sedemikian rupa agar bisa melaju dengan kencang namun tetap enak dan menarik jika dipandang orang. Nah begitu juga dengan blog kita, selain kita bisa memilih tema yang SEO Freandly dan menarik dimata pengunjung maka kita juga bisa menambahkan plugin-plugin untuk meningkatkan kecanggihan blog wordpress kita.

Baca juga: Fitur – fitur WordPress Yang Perlu Anda Ketahui

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin membahas 7 plugin wajib untuk blog wordpress yang harus anda ketahui agar blog anda lebih maksimal kinerjanya. Ke 7 plugin ini sudah saya buktikan sendiri kinerjanya dan selalu saya install di setiap website saya. Baiklah tidak perlu berpanjang lebar mari kita ulas apa saja ke 7 plugin wajib untuk blog wordpress tersebut.

Berikut 7 plugin Wajib untuk blog wordpress Anda

1. Akismet

Plugin yang pertama adalah akismet, fungsi plugin ini adalah untuk menangkal spam di blog wordpres anda. Plugin ini wajib anda install di blog anda sebab ini sangat penting biar blog anda selalu bersih dari gangguan spam. Anda bisa mendownload plugin akismet disini: https://wordpress.org/plugins/akismet/ atau bisa juga langsung install lewat dashboard admin blog wordpress anda.

2. Google XML Sitemaps

Plugin wajib untuk blog wordpress yang kedua adalah Google XML Sitemaps. Fungsi dari plugin ini adalah untuk memberi tahu kepada google tentang apapun yang terjadi dengan blog anda, baik itu update artikel, buat page baru, dll. Dengan Plugin ini maka segala aktifitas di blog anda akan secara otomatis di kirim dan diberitahukan ke google. Anda bisa mendownload pluginnya disini: https://wordpress.org/plugins/google-xml-sitemaps/ atau anda juga bisa langsung install lewat dashboard wp-admin anda.

3. All In One SEO Pack

Dan Plugin wajib untuk blog wordpress yang ketiga adalah All In One SEO Pack. Fungsi dari plugin ini adalah untuk mengoptimalkan SEO ONPAGE blog kita. Dengan mengoptimalkan SEO onpage di blog anda, maka anda akan bisa mendapatkan traffic secara gratis dari mesin pencari (Search Engine). Dengan plugin ini juga anda bisa mengoptimasi blog anda untuk bisa tampil di halaman pertama google. Dengan Plugin ini juga anda bisa mengoptimalkan Judul, deskripsi, dan kata kunci halaman blog anda. Anda bisa mendownload pluginnya disini: https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/ atau install langsung dari wp-admin blog anda.

4. Contact Form 7

Fungsi dari plugin ini adalah untuk memudahkan para pengunjung menghubungi anda melalui form kontak ini dan akan di kirimkan ke email anda. Walau sebetulnya anda juga bisa menambahkan link social media, namun plugin ini akan lebih memudahkan anda dalam berinteraksi dengan costumer anda. Anda bisa mendownload pluginnya disini: https://wordpress.org/plugins/contact-form-7/

5. Google Analytics for WordPress by MonsterInsights

Plugin ini juga wajib anda isntall di blog anda, sebab fungsi dari plugin ini hampir mirip dengan plugin Google XML Sitemaps. Namun kenerja plugin ini adalah kepada untuk mengetehui jumlah traffic, dan kesehatan website anda. Dengan plugin ini anda bisa mengetahui seberapa banyak pengunjung yang datang dari search engine, sosial media, atau dari link refferal. Dengan plugin ini juga anda bisa mengetahui bagian mana dari blog anda yang harus dioptimalkan lagi. Anda bisa menginstall plugin ini langsung dari wp-admin anda atau bisa download disini:

6.WordPress Ping Optimizer

Plugin wajib untuk blog wordpress yang ke 6 adalah plugin WordPress Ping Optimizer. Fungsi utama plugin ini adalah untuk ping artikel-artikel yang anda buat ke web-web directory, sosial bookmark, dll. Jadi anda tidak perlu melakukan ping secara manual, dengan plugin ini maka setiap anda membuat artikel baru dan mempublishnya maka secara otomatis plugin ini akan mengirimkan ping ke website-website yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Silahkan install plugin ini lewat wp-admin anda.

7. W3 Total Cache

Yang terakhir plugin wajib untuk blog wordpress anda adalah Plugin W3 Total Cache. Fungsi utama Plugin ini adalah untuk mempercepat akses loading blog anda. Jika blog anda mudah dan cepat aksesnya (loadingnya) maka pengunjung akan senang mengunjungi blog anda. Coba bayangkan jika anda mengunjungi sebuah blog yang loadingnya lama banget, tentu anda akan segera menutupnya dan mencari blog lain bukan? Begitu juga dengan blog anda jika akses loadingnya lama maka blog anda akan di tinggalkan visitor anda. Anda tidak mau hal ini terjadi pada blog anda bukan? Untuk itu anda perlu menginstall plugin ini di blog anda. Anda bisa mendownload pluginnya disini: https://wordpress.org/plugins/w3-total-cache/

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Yang Benar Untuk Pemula

Oke, sobat netter sekalian itulah pembahasan kita kali ini tentang 7 plugin wajib untuk blog wordpress anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk blog dan bisnis anda ya. Komentar dan saranmu bisa anda kirim lewat kolom komentar dibawah. Gabung ke group facebook saya agar anda bisa mendapatkan info update dan menarik lainnya. Salam sukses untuk anda.

Fitur – fitur WordPress

Fitur – fitur WordPress Yang Perlu Anda Ketahui

Fitur – fitur WordPress – Untuk membangun sebuah website di perlukan pemilihan nama domain, layanan hosting, tema, plugin, dan jenis website apa yang akan kita pakai, entah itu html, php atau CMS seperti wordpress. Namun salah satu platform yang selama ini saya pakai untuk membangun semua website saya adalah WORDPRESS. Nah anda perlu juga ketahui kenapa saya memilih wordpress untuk membangun website saya, apa saja fitur-fitur wordpress yang di tawarkan untuk kita. Berikut detail fitur-fitur wordpress yang bisa anda jadikan sebagai pertimbangan:

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Yang Benar

Fitur-Fitur WordPress dan Juga Fungsinya

1.Bagian Post (Artikel)

Pada fitur post, ada beberapa bagian yang harus anda pahami, yaitu : All Post fungsinya adalah untuk memudahkan anda melihat semua artikel yang sudah anda buat pada blog Wordress anda., Fitur Add-new adalah untuk menambahkan atau membuat post (artikel) baru, sedangkan fitur Categories adalah untuk membuat kategori dari setiap artikel yang anda publikasikan.

2.Bagian Pages (Halaman)

Pada fitur pages ini, hampir menyerupai bagian Post. Yang membedakan adalah tidak adanya menu kategori seperti pada bagian Post. Fitur pages ini berfungsi untuk membuat sebuah halaman baru misalnya privacy policy, about us, contact, sitemap, dan lainnya.

3.Bagian Media

Selanjutnya adalah bagian menu media, menu ini berfungsi untuk menambahkan gambar dan melihat dari keseluruhan gambar yang sudah kita upload di blog WordPress anda. Anda juga bisa mengedit, bahkan menghapus gambar-gambar tertentu yang tidak anda perlukan.

4.Bagian Comments (Komentar)

Seperti namanya, pada bagian comments ini berfungsi untuk mengelola komentar atau comment yang masuk ke blog WordPress kita. Dengan fitur ini, anda bisa mengatur, apakah comment yang masuk terlebih dahulu harus mendapat persetujuan (aprove) oleh anda dahulu, atau otomatis akan langsung ditampilkan pada publik tanpa harus mendapat persetujuan dari pemilik website.

5.Bagaian Appearance (Tema)

Appearance digunakan untuk menaruh template (tema) pada website WordPress. Dengan fitur ini, anda bisa dengan mudah melakukan sebuah perubahan misalnya, mengganti tema baru atau bahkan anda juga bisa melakukan editing tema sedemikian rupa sehingga tampilan website anda menjadi lebih menarik di mata pengunjung. Anda bahkan juga bisa mendownload berbagai tema yang sudah disediakan oleh situs resmi WordPress.org. saran saya sebaiknya gunakan hosting Indonesia agar WordPress anda mudah diakses oleh siapa saja.

6.Bagian Plugins

Plugins adalah aksesories tambahan yang bisa kita tambahkan ke website agar website WordPress anda semakin canggih lagi. Dengan fitur ini, anda bisa menginsttal plugin secara langsung, mengunduh plugins dan menguploadnya, bahkan anda juga bisa menghapus plugins yang tidak di perlukan.

7.Bagian Users (Pengguna)

Pada bagian menu Users berfungsi untuk melihat siapa saja pengguna website WordPress kita, pada fitur ini juga kita bisa mengatur tingkatan hak akses untuk user ketika login pada website. Di menu ini, anda bisa mengganti password untuk mengatur keamanan website WordPress anda.

8.Bagian Tools (Alat)

Mungkin pada suatu saat anda ingin sekali untuk berpindah platform ke website yang lainnya. Nah dengan menggunakan menu ini anda bisa melakukan import maupun export seluruh isi dalam website ke platform lian yang anda inginkan misalnya blogspot.

9.Menu Settings (Pengaturan)

Pada menu ini sangat penting untuk mengatur seperti apa website yang kita inginkan. Nah jika anda masih pemula banget menggunakan wordpress, sebaiknya anda pahami betul-betul menu ini agar anda bisa mengatur website anda menjadi SEO freandly dan baik dimata search engine.

Baca juga: Tempat Kursus Bisnis Online Terbaik 2017

Jika anda ingin belajar cara membuat wordpress silahkan cek DISINI

Nah, sobat sekalian itulah pembahasan kita kali ini tentang fitur-fitur wordpress yang harus anda ketahui agar ketika anda nanti ingin membangun sebuah website maka anda sudah paham bagaimana mengelola website anda. Ok sobat semoga bermanfaat ya jangan lupa share dan kasih masukkan.

8 Plugin Wajib untuk WordPress

Inilah 8 Plugin Wajib untuk WordPress yang Perlu Anda Install

8 Plugin Wajib untuk WordPress – Salah satu mesin untuk membuat blog/website yang paling populer sampai saat ini adalah wordpress. Dimana wordpress menggratiskan versi CSM nya agar bisa digunakan oleh semua orang lewat layanan free bloggingnya. Anda bisa membuat sebuah website atau blog secara gratis dari wordpress lewat layananya di www.wordpress.com. Dan jika ingin menggunakan yang versi CMS anda bisa mendownloadnya di situs resmi wordpress www.wordpress.org/download.

8 Plugin Wajib untuk WordPress

Tentu ada kekurangan dan kelebihan masing-masing dari layanan yang diberikan oleh wordpress tersebut. Dimana untuk layanan wordpress.com banyak sekali keterbatasanya seperti tidak bisa menambah plugin, mengganti tema dari pihak ketiga, dan lain-lainya. Sedangkan untuk versi CMS nya anda bisa meng custom website atau blog anda sesuai keinginan anda. Karena memang pihak wordpress sendiri memperbolehkan anda untuk mengkostumisasi wesin CMSnya.

Dan salah satu contoh mesin blog CMS dari wordpress adalah yang saya gunakan di suparnoblog.com ini. Untuk bisa membuat website dengan menggunakan domain berbayar seperti .com, .net, .web.id, dan yang lainya anda harus memiliki domain dan hosting berbayar. Kemudian anda install wordpress melalui cpanel atau anda juga bisa menguploadnya. Jika anda ingin belajar lebih dalam lagi tentang wordpress silahkan anda kunjungi www.panduanwordpresspemula.com

Agar website datau blog anda bisa berjalan dengan maksimal anda wajib menambahkan beberapa fitur tambahan ke dalam wordpress anda. Dan fitur tambahan ini dalam dunia blogging di sebut dengan Plugin. Setiap plugin memiliki fungsi masing-masing ada yang untuk tujuan optimasi SEO, untuk kecepatan loading, dan bisa juga untuk menambah keamanan dari wordpress itu sendiri.

Berikut 7 plugin yang untuk wordpress yang perlu anda install di website atau blog anda:

  1. Plugin Akismet by Automattic
  2. Plugin All in One SEO Pack by Michael Torbert
  3. Plugin Google Analytics for WordPress by Joost de Valk
  4. Plugin Google XML Sitemaps by arne Brachhold
  5. Plugin WordPress Ping Optimizer by Pankaj Jha
  6. Plugin SEO ALRP (Auto Links & Related Posts) by Purwedi Kurniawan
  7. Plugin STT2 (SEO Search Terms Tagging 2) by Purwedi Kurniawan
  8. Plugin W3 Total Cache by Frederick Tones

Perhatian!
untuk plugin SEO ALRP, w3 Total Cache, dan STT2 memakan ram yang tinggi jadi pastikan dulu space dan bandwitch hosting anda mencukupi. Jika sesudah anda install tidak terjadi error teruskan, tapi kalau error silahkan di hapus saja.

Sekarang mari kita bahas satu-persatu 8 Plugin wajib untuk wordpress tersebut dan juga fungsinya:

  1. Akismet. Fungsinya untuk mengkaratina komentar SPAM yang masuk ke wordpress kita.
    Dengan plugin ini paling tidak kemanan wordpress anda lebih terjamin. Sebab semua komentar yang di anggap spam oleh wordpress akan di masukkan ke dalam folder tersendiri jadi tidak akan masuk ke folder komentar anda.

    Biasanya plugin ini udah otomatis terinstall ketika anda pertama kali install wordpress anda. Untuk menggunakan plugin ini anda memerlukan sebuah api key yang bisa anda dapatkan dengan cara mendaftar di www.wordpress.com

  2. All In One Seo Pack. Fungsinya untuk memasukkan 3 Meta Tags Web.
    Berbicara soal SEO tidak akan ada habisnya. Semua pakar SEO pasti tahu tentang plugin yang satu ini All in One SEO Pack. Sebuah plugin yang popular digunakan dalam menunjang kegiatan SEO. All in One SEO Pack bisa digunakan oleh Anda yang sudah paham konsep dari SEO itu sendiri, bagi Anda yang ingin belajar SEO lebih dalam bisa di sini http://www.suparnoblog.com/rwp

    Setelah anda betul-betul mengerti tentang SEO untuk bisa mencobanya silahkan download di https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/

  3. Google Analytics for WordPress. Fungsinya untuk mendapatkan laporan rutin tentang hasil SEO dan traffik pengunjung total.
    Plugin ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui perkembangan SEO website anda. Sebab plugin ini akan memberikan laporan secara rutin bagaimana perkembangan website anda. Jika ada error pun anda juga bisa mengetahui di bagian mana yang error sehingga anda dengan mudah bisa memperbaikinya.

    Untuk menggunakan plugin ini anda bisa langsung install lewat admin wordpress atau dengan cara download disini: https://wordpress.org/plugins/google-analytics-for-wordpress/

  4. Google XML Sitemaps. Fungsinya untuk mendapatkan laporan rutin tentang hasil SEO dan traffik pengunjung dari google saja. Juga untuk memasang peta situs web.
    Ketika kita melakukan SEO pada website kita, tentunya robot google sangat memerlukan peta situs, atau XML Sitemap ke website kita., Dari sinilah google bisa Menelusuri website Anda, dan halaman mana saja robot google akan singgah dan berkeliling di website Anda. Intinya Sitemap sangat penting sekali untuk SEO. Untuk menggunakan plugin ini Silahkan download di: http://wordpress.org/plugins/google-sitemap-generator/
  5. WordPress Ping Optimizer. Fungsinya untuk Ping otomatis begitu artikel atau page kita buat.
    Wordpress ping optimizer berguna untuk melakukan ping dari wordpress ke layanan ping apabila kita melakukan atau mengupdate sebuah postingan di blog wordpress.

    Dengan melakukan ping artikel, maka artikel tersebut akan mudah terindeks di mesin pencari (search engine). Maka dari itulah plugin wordpress ping optimizer mutlak kita perlukan. klik disini untuk mendownloadnya: https://wordpress.org/plugins/wordpress-ping-optimizer/

  6. SEO Auto Links & Related Posts (SLRP). Fungsinya untuk meningkatkan google index, dan lain-lain.
    Anda juga perlu menambahkan Related Article di website anda, saya merekomendasikan plugin ALRP (SEO Auto Links & Related Posts). Kenapa ? Karena kemudahan penggunaanya yang mudah di kostumisasi dan bisa di atur sedemikian rupa sesuai kebutuhan kita. ALRP sangat membantu para visitor dengan mudah menemukan dan membaca artikel lain yang sesuai dengan minat mereka. Sebab ALRP akan menampilkan daftar artikel yang sesuai dengan artikel yang sedang mereka baca. Sebagai contohnya adalah sebagai berikut

    Untuk menggunakan plugin ini Anda bisa langsung install lewat fasilitas pencarian plugin di admin wordpress Atau mendownloadnya di sini http://wordpress.org/plugins/yet-another-related-posts-plugin/

  7. STT2 (SEO Search Terms Tagging 2). Fungsinya untuk membuat internal link secara otomatis.
    SEO SearchTerms Tagging 2 (STT2) adalah plugin yang bisa kita gunakan untuk optimasi dalam hal SEO On Page, plugin SEO SearchTerms Tagging bisa di gunakan oleh siapa saja karena plugin ini bersifat gratis, selain itu plugin STT2 ini sangat mudah di gunakan sehingga pemula sekali pun pasti bisa menggunakannya. Plugin SEO SearchTerms Tagging ini di buat oleh mas Purwedi Kurniawan (Orang Indonesia). Untuk menggunakan plugin ini anda bisa langsung mengistallnya melalui Dashboard blog wordpress anda atau mendownloadnya disini: http://bit.ly/plugin-stt2
  8. W3 Total Cache. Fungsinya untuk mempercepat loading situs kita komputer pengunjung.
    Plugin w3 total cache fungsinya lebih kepada kecepatan akses oleh robot google. Dengan adanya plugin Total Cache maka halaman website Anda bisa diakses jauh lebih cepat. Plugin ini Menggunakan fasilitas Server Cache yaitu penyimpanan sementara di server kita. Tentu ini akan bisa menghemat penggunaan memory server kita. Silahkan download pluginnya langsung di sini https://wordpress.org/plugins/w3-total-cache/

Baca juga:

Itulah 8 plugin wajib Untuk WordPress yang perlu anda install di website anda. Dengan menginstall plugin-plugin tersebut maka website anda akan semakin canggih, dan aman tentunya. Selamat moncoba, jangan lupa share ya..

Cara Membuat Meta Tag

Cara Buat Meta Tag – Halo sobat netter sekalian jumpa lagi dengan saya di artikel tentang cara membangun sebuah website yang profitable. Di artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana cara riset kata kunci dengan google planner yang bisa temen-temen baca disini.

Untuk membangun sebuah website kita tidak boleh sembarangan, sebab banyak sekali yang perlu kita persiapkan agar website kita bisa berdiri kokoh diantara website-website kita yang lain. Dan salah satunya adalah dengan membangun sebuah pondasi untuk website kita tersebut dengan kuat. Dengan adanya pondasi yang kuat di harapkan ketika bangunan website kita dirikan juga akan kokoh tidak mudah roboh.

Maka kita memerlukan sebuah pondasi yang sering disebut dengan meta tag. Apa itu meta tag?

Meta tag adalah sebuah susunan dimana susunan itu terdiri dari rangakaian kata kunci yang sudah kita riset sebelumnya dan kita gabung menjadi sebuah rangkaian meta tag. Meta tag terdiri dari 3 susunan yaitu:

  1. Tittle (Judul)
  2. Description (Deskripsi)
  3. Keyword (Kata Kunci)

Ke 3 hal tersebut harus kita susun sedemikian rupa agar menjadi sebuah pondasi yang kokoh untuk website kita. Baiklah agar temen-temen tidak lebih bingung lagi mari kita praktek saja ya. Sebelumnya temen-temen perlu persiapkan kata kunci-kata kunci yang sudah di riset sebelumnya dan sudah kita pilih 10 kata kunci yang kita pilih berdasarkan dari jumlah pencarian terbanyak dan minim persaingan. ok lihat contohnya sibawah ini.

Baca juga: Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Planner

Berikut langkah-langkah Cara Membuat Meta Tag tersebut:

  1. Pertama buka dulu file exel yang berisi kata kunci yang sudah kita riset sebelumya seperti nampak pada gambar di bawah ini.cara membuat meta tag
  2. Selanjutnya pilih 10 kata kunci yang berhubungan dengan produk/bisnis anda, sebagai contoh saya memilih kata kunci dengan topik bisnis online. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.cara membuat meta tag
  3. Kemudian buat judul di kolom sebelahnya dengan judul “Urutan Kata Kuncicara membuat meta tag
  4. Kemudian temen-temen bisa membuat judul kolom di sebelahnya lagi dengan judul “Jumlah Pesaing <10jtcara membuat meta tag
  5. Kemudian silahkan copy satu persatu 10 kata kunci yang sudah di pilih tadi dan cek di google seberapa banyak jumlah pesaingnya seperti nampak pada gambar diatas dan copy hasilnya dan paste di kolom “Jumlah Pesaing<10jt” yang sudah kita buat tadi. Untuk patokan kata kunci yang persainganya masih di bawah 10 juta yang kita ambil, kalau diatas 10 juta cari aja dengan kata kunci yg lain.  Jika sudah selesai semua maka hasilny akan seperti gambar berikutcara membuat meta tag
  6. Langkah selanjutnya karena kita sudah menemukan 10 kata kunci utama, maka kita akan buat META TAG. Nah caranya adalah silahkan anda buka MS Word dan silahkan anda copy 10 kata kunci tadi ke MS Word tersebut. Buatlah Nama domain, tittle, deskripsi, dan keyword seperti nampak pada gambar di bawah inicara membuat meta tag
  7. Selanjutnya utak atik sehingga menghasilkan sebuah meta tag yang enak di baca oleh manusia juga enak di baca oleh robot google, dan hasil terakhir sebagai contoh yang sudah saya buat adalah sebagai berikut.cara membuat meta tag
  8. Selanjutnya untuk mengecek apakah semua meta tag tersebut sudah memenuhi kaedah SEO dari google maka kita perlu mengeceknya di http://www.seomofo.com. Lihat website dibawah inicara membuat meta tag
  9. Kemudian klik seperti yang di tunjuk anak panah pada gambar diatas, dan akan muncul halaman seperti inicara membuat meta tag
  10. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah copy tittle,deskripsi,domain yang ada di meta tag tadi dan masukkan di kolom-kolom yang sudah disediakan seperti gambar diatas, kemudian klik di sembarang tempat mouse anda. Maka akan muncul hasilnya seperti yang di tunjuk panah tersebut. Untuk catatan: usahakan tulisan untuk tittle dan deskripsi tersebut tidak ada titik2(…) nya. Kalau ada berarti tittle atau deskripsi anda masih kepanjangan dan bisa anda edit sampai hilang (…) nya.Itulah nanti yang akan di baca oleh google, jika tittle dan deskripsi website kita utuh tidak ada titik-titiknya maka akan terlihat bagus di mata google dan enak juga di baca oleh manusia.
  11. Dan langkah terakhir adalah bagaimana cara mendapatkan domain seperti di meta tag tersebut, temen-temen cukup buka saja http://www.suparnoblog.com/hosting maka akan muncul halaman domos seperti berikut.cara membuat meta tag
  12. Cek satu-persatu 10 kata kunci yang sudah di pilih tadi dan cek apakah domainnya masih tersedia atau udah di pakai orang. Kalau sudah dipakai orang maka akan muncul seperti inicara membuat meta tag
  13. Dan jika masih tersedia maka akan seperti inicara membuat meta tag
  14. ok segeralah pesan domainnya sebelum di beli orang. Dan cara untuk membeli domain dan hosting akan saya bahas di artikel berikutnya.

Baca juga: Panduan WordPress Pemula

Nah, sobat itulah cara membuat meta tag untuk pondasi website kita yang bisa saya share disini.Sebetulnya ilmu ini sangat langka sekali makanya sangat jarang orang yang mengetahuinya. Semoga artikel ini bermanfaat.