Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Memulai Bisnis Affiliate Marketing Pilihan Paling Cocok untuk Pemula

memulai bisnis dengan affiliate marketingMemulai bisnis affiliate marketingHay guys jumpa lagi dengan saya…terimakasih ya sudah mampir dan mau membaca setiap postingan yang ada di blog yang baru seumur jagung ini. Semoga apa yang saya tulis di blog ini bisa memberikan manfaat untuk sobat semua yang memang mau belajar untuk membangun bisnis online di internet. Seperti sudah saya bahas pada artikel saya tentang jenis bisnis online yang bisa dijalankan di internet dan bisa menghasilkan uang.

Tentu masih ada dari sobat sekalian yang bingung mau memilih bisnis yang mana untuk di jalankan. Saya sangat mengerti dengan itu, sebab sebagai pemula tentunya para sahabat masih bingung harus menentukan pilihan jenis bisnis online apa yang cocok untuk kamu jalankan, betulkan…? Untuk itu pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang cara memilih jenis bisnis online yang paling cocok untuk pemula seperti sobat semua.

Dalam postingan sebelumnya tentang jenis bisnis online di internet, ada 6 jenis bisnis online yang bisa kita jalankan. Namun dari ke 6 bisnis itu tentu tidak semua cocok ya dengan tipe setiap orang. Karena untuk memulai bisnis online kita harus benar-benar bisa membangun pondasi yang kuat untuk bisa mendirikan bangunan bisnis di atasnya.

Seperti sudah saya kutip diatas tadi, bisnis online terdiri dari banyak model usaha bisnis yang berbeda. Dan kita bisa bisa mendapatkan uang secara online dari bisnis yang kita jalankan tersebut. Contohnya dengan menjadi reseller, dropshipper, jasa buat web, dan lain sebagainya. Atau bisa juga ita membuka toko online sendiri, baik itu di hosting sendiri atau di marketplace-marketplace yang banyak bertebaran di internet.

Lalu jenis bisnis online apa pak yang paling cocok untuk pemula agar mereka mudah menjalankannya dan tentunya dengan modal yang kecil? Jawabannya adalah memulai bisnis affiliate marketing.

Apa itu Affiliate Marketing?
memulai bisnis dengan affiliate marketing

Seperti sudah saya singgung di artikel saya yang lainnya di blog ini, bahwa jenis binis online affiliate marketing adalah bisnis online yang mana kita sebagai pelakunya bertindak sebagai makelar produk orang lain, begitulah bahasa kasarnya hehe. Sebab saya juga bingung bagaimana mau menjelaskannya…kwkwkw.

Jadi gini aja deh biar kamu bisa paham akan saya jelaskan dengan bahasa saya aja ya. Tapi jangan di ejek ya kalo bahasa yang saya pakai asal-asalan saja hehe. Affiliate marketing kalo kita umpakan bisnis di dunia nyata adalah seperti calo atau makelar.

Jadi kerja kita adalah menjualkan barang/produk milik orang lain, nah jika terjadi penjualan dari produk tersebut, maka kamu akan mendapat komisi yang besarnya sudah di tentukan oleh si pemilik produk. biasanya Besarnya komisi kisaran 30-70% dari harga jual produk.

Tentu bisnis jenis ini sangat cocok sekali ya buat kamu yang baru akan memulai bisnis online di internet. Karena affiliate marketing merupakan bisnis yang sangat simpel dan paling mudah untuk di jalankan. Namun untuk menjalankan bisnis ini juga tidak boleh main-main. Sebab semua bisnis pasti memerlukan kerja keras dari kita, untuk bisa mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan.

Dan untuk memulai bisnis affiliate ini juga cukup mudah kok, anda tinggal mencari VENDOR (atau pemilik produk) yang menyediakan sistem afiliasi untuk produknya. Kamu bisa mendaftar sebagai afiliasi di website mereka. Vendor ini Bisa dari perseorangan atau bisa dari perusahaan merchant. Biasanya nanti setelah kamu mendaftar maka kamu akan mendapat sebuah ID afiliasi dan link Afiliasi untuk kamu promosikan.

Link afiliasi itu berisi link dari website si pemilik produk yang di belakangnya tercantum ID afiliasi kamu. Jadi jika ada orang yang membeli produk lewat link afiliasi kamu tersebut maka kamu akan mendapat komisi.

Berikut beberapa perusahaan merchant yang menyediakan sistem afiliasi untuk produk mereka: RATAKAN.COM, JVZOO.COM, LAZADA.CO.ID, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Inilah adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan paling cepat, dan relatif mudah untuk dijalankan bagi pemula. Bisnis affiliate marketing bisa mendatangkan penghasilan pasif untuk kamu. Dulu ketika awal saya memulai bisnis di internet saya juga menjadi seorang affiliate dan masih saya jalankan sampai sekarang.

Namun jangan berpikir bahwa mendapatkan penghasilan pasif itu berarti kita tidak harus bekerja lagi. Itu salah. Membangun bisnis internet sama seperti membangun bisnis lainnya. Jadi yang saya maksud, kita tetap harus kontrol bisnis kita.

Tapi sekali lagi saya tekankan disini untuk menjalankan bisnis affiliate ini bukan berarti semudah membalikkan telapak tangan tanpa harus bekerja lagi. Kamu salah besar, memulai membangun bisnis di internet sama seperti kalo kamu menjalankan bisnis lainnya. Artinya kamu tetap harus handel bisnis kamu supaya tetap berjalan dan tahan lama.

Memulai Bisnis Affiliate Marketing bisa Membuat kita Cepat Kaya?

Bisa dibilang bisnis affiliate adalah bisnis yang paling cepat bisa membuat kita kaya, dengan catatan kita benar-benar kerja keras menjalankannya. Bisnis afilliate bukan bisnis “ Skema Cepat Kaya” yang banyak bertebaran di dunia maya. Yang akhirnya hanya berujung pada penipuan belaka.

Berbeda dengan affiliate marketing sebab kita tetap haruss bekerja untuk bisa menghasilkan uang dari bisnis ini. Jadi bukan hanya beli produk lalu kita bisa kaya. Itu salah besar coy. Tapi memang penghasilan dari bisnis affiliate ini juga tidak main-main, jika kamu serius menjalankannya kamu bisa memiliki pengahsilan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya.

Cara Memulai Bisnis AFfiliate Marketing

Untuk memulai bisnis affiliate marketing ada 2 cara yaitu dengan cara bergabung dan membeli produk dari merchant atau bisa mendaftar secara gratis. Namun biasanya ada perbedaan sedikit antara member berbayar dan member gratis yaitu dari segi komisi. Member berbayar biasanya akan mendapat komisi sedikit lebih banyak dari member gratis. Tapi itu semua terserah pilihan kamu masing-masing ya.

Passive income atau penghasilan pasif akan bisa Anda nikmati setelah Anda memiliki situs afiliasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi Anda ke situs pemilik produk. Dan dengan sistem affiliate marketing ini, si pemilik produk / jasa akan menangani pemesanan secara langsung. Pasif income bisa kamu nikmati setelah bisnis kamu ini jalan. Dan biasanya ini akan berjalan secara otomatis setelah kamu bekerja di awal memulai bisnis ini.

Berikut cara singkat langkah untuk memulai bisnis dengan affiliate marketing ini: Singkatnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Daftar sebagai afiliasi
  • Buat website atau blog
  • Isi website kamu dengan artikel dan taruh link afiliasi kamu dalam artikel tersebut
  • Promosikan website/blog kamu untuk mendatangkan pengunjung ke website pemilik produk lewat link afiliasi kamu.

Sebagai pemula kamu bisa membuat website atau blog dengan memakai penyedia pembuatan website gratisan seperti blogspot atau wordpress. Atau kalau kamu memang punya dana kamu bisa buat website kamu di self- hosting sendiri atau hosting dan domain berbayar.

Isilah website kamu dengan artikel dan ulasan tentang produk afiliasi yang kamu ikuti tersebut, dan jangan lupa sisipkan link afiliasi kamu ke dalam artikel yang kamu buat tadi. Lalu lounching website kamu, jika website sudah jalan maka dia akan mendatangkan trafik ke website pemilik roduk lewat link-link yang kamu tanam di artikel tadi. Nah, jika sudah begini maka bisnis kamu akan berjalan dengan otomatis, tinggal kamu mengelolanya saja. Seperti gambar di bawah ini ilustrasinya:

memulai bisni dengan affiliate marketing

Kamu tertarik untuk memulai bisnis affiliate marketing ini? Silahkan dicoba…jangan sungkan untuk memberi komentar di kolom tanggapan jika kamu masih kurang paham ya

%d bloggers like this: