Manfaat Keji Beling

Manfaat Keji Beling

Manfaat Daun Keji Beling Untuk Kesehatan

keji belingKeji beling atau ada juga yang menyebutnya pecah beling merupakan tanaman kaya khasiat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi akan memberikan efek positif bagi kesehatan. Dibeberapa daerah tanaman ini mempunyai sebutan yang berbeda, sebagian orang di jawa timur menyebut tanaman ini dengan sebutan sambang geteh, sedangkan di jawa barat ada yang menyebutnya dengan remek daging atau reundeu beureum juga picah beling. Sedangkan di ternate disebut lire, berbeda dengan daerah jawa banyak sebutan untuk tanaman yang satu ini. Ada yang menyebut dengan sebutan ngokilo, keci beling atau enyah kilo.

Tanaman yang satu ini mempunyai nama ilmiah yakni stachytarpheta mutabilis, vahl. Termasuk keluarga Acanthaceae. Keji beling sangat terkenal setelah banyak yang mengetahui manfaat daun keji beling untuk kesehatan juga khasiat yang terkandung dalam tanaman ini, diantara khasiatnya adalah dapat mengobati penyakit batu ginjal.

Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan yang memiliki batang basah juga jika diperhatikan mirip dengan rumput berbatang tegak. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di pedesaan biasanya tumbuh dalam semak. Keji beling termasuk ke dalam tanaman daun tunggal yang berhadapan dan bentuk daun terlihat lonjong seperti telur.

Kandungan Keji Beling

Menurut beberapa penelitian keji beling banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan, diantaranya;

  • kalium bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil juga mampu menghancurkan batu pada ginjal, empedu dan kandung kemih
  • Natrium berfungsi untuk meningkatkan cairan ekstraseluler yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah volume darah
  • Kalsium bermanfaat untuk proses pembekuan darah juga mempertahankan dari fungsi membran sel
  • Asam silikat berfungsi mengikat air dan minyak juga senyawa non polar
  • Mengandung zat flafvonoida, alkaloida, saponin juga polilenoi.

Khasiat dan Manfaat Keji Beling untuk Pengobatan

Keji Beling Penghancur Batu Ginjal

Bagian tanaman yang biasanya dijadikan obat yakni daun dan akar. Daun keji beling dapat mengatasi desentri, wasir, demam, buang air kecil tidak lancar, kencing nanah. Sedangkan akarnya bermanfaat untuk mengobati orang yang terkena gigitan ular. Berikut akan di paparkan manfaat dari keji beling juga cara mengolah tanaman tersebut.

  1. Kencing bernanah, terdapat dua cara untuk mengobati kencing bernanah dengan keji beling. Pertama, siapkan 8 lembar daun keji beling dicuci dengan air bersih yang mengalir lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Biarkan sampai mendidih hingga tersisa 21/4 gelas. Saring dan dinginkan, bisa di campur dengan madu atau tambahan gula. Konsumsi sehari 1 gelas x 3 kali sehari. Cara kedua, tidak hanya menggunakan daun keji beling namun ditambah beberapa jenis daun lainnya seperti; daun sarap, daun pecut kuda dan daun kumis kucing. Tiap jenis daun siapkan sebanyak 7 lembar, rebus dengan air sebanyak 1 liter atau 5 gelas masak sampai mendidih hingga air rebusan menjadi 3 gelas. Dinginkan lalu saring, diminum sehari 3 kali tiap kali minum sebanyak 1 gelas.
  2. Mengobati wasir, siapkan 9 lembar daun keji beling rebus dengn air sebanyak 3 gelas tunggu hingga mendidih dan air rebusan tersisa 1,5 gelas. Dinginkan lalu saring, dapat dicampur dengan madu atau ditambahkan gula pasir. Dikonsumsi 2 kali sehari dengan dosis ¾ gelas tiap kali minum.
  3. Mengobati gigitan ular, potong akar keji belin sebesar ibu jari cuci hingga bersih lalu kunyah telan air hasil kunyahan tersebut dan ampas akar keji beling ditempelkan pada luka gigitan ular.

Itulah guys informasi dari saya tentang beberapa manfaat daun keji beling yang bisa kita jadikan sebagai bahan atau obat herbal tradisional yang sangat bagus untuk pengobatan dan kesehatan. Dan tak kalah ampuhnya seperti manfaat daun binahong dan manfaat daun sirih. Jika ada pertanyaan atau komentar silahkan kirim lewat komentar ya, semoga bermanfaat.

%d bloggers like this: