Manfaat Daun Sukun

Manfaat Daun Sukun

Ragam Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

manfaat daun sukunManfaat Daun Sukun – Banyak manfaat yang didapat dari tanaman sukun, tidak hanya buah namun daun, akar juga kayu dari tanaman sukun dapat dijadikan obat. Buah sukun dapat dijadikan sebagai pangan penderita diabetes juga bersifat anti peradangan, daun sukun dapat mencegah juga mengobati penyakit ginjal, jantung dan hati, sedangkan ekstrak yang diambil dari kayu sukun mengandung senyawa atau zat artocarpin yang memacu apoptosis pada sel kanker payudara.

Lalu akar sukun dapat dimanfaatkan yakni kulit akar yang mengandung sembilan senyawa flavon seperti ekstrak dichloromethane. Banyak sekali manfaat daun sukun untuk kesehatan manusia beberapa diantaranya akan disebutkan dalam artikel ini beserta cara pengolahan sukun menjadi obat.

Baca juga: Manfaat Daun Salam

Apa Saja Manfaat Daun Sukun

Bagi Anda yang mungkin mempunyai penyakit kulit seperti panu dapat menggunakan daun sukun sebagai obat, sebagaimana menjadi kebiasaan penduduk di wilayah pasifik yang menggunakan daun tersebut untuk mengobati panu yang diakibatkan cendawan pytirosporumorbiculare.

Cara menggunakan daun sukun untuk obat yaitu daun sukun yang tua di remas hingga hancur kasar lalu digosokan berulang kali pada kulit yang terkena panu, sehari dua sampai tiga kali dilakukan penggosokan. Dapat dilakukan selama sepekan dan panu akan hilang.

Manfaat lainnya yakni dapat mengobati sariawan, masyarakat yang berdomisili di india barat biasanya sering menggunkan daun sukun untuk mengobati sariawan. Cara pengolahannya daun sukun di tumbuk bisa juga dihancurkan lalu ditempelkan pada mulut yang mengalami sariawan.

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah informasi mengenai riset dari UNPAD, kandungan mentanol daun sukun mampu memperlambat pertumbuhan candidaalbicans penyebab sariawan dengan konsentrasi hambat min. 13%.

manfaat daun sukun
Selanjutnya manfaat lain dari daun sukun ternyata dapat meredakan pegal, bagi Anda yang sering merasakan pegal setelah beraktifitas bisa mencoba pengobatan menggunakan daun sukun. Cara membuat ramuannya dengan merebus daun sukun menggunakan air sebanyak 2 liter. Rebus daun sampai mendidih selama 10 menit setelah itu tambahkan lagi air baru sebanyak 4 literpada air rebusan. Bisa ditambahkan dengan 1 sendok garam, lalu rendam kaki dalam air rebusan tersebut.

Baca juga : Manfaat Daun Afrika

Manfaat daun sukun untuk ginjal

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas manfaat lainnya adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Daun ini dapat dijadikan pilihan untuk mengobati ginjal yang sakit, bisa dilakukan dengan sangat mudah juga tentunya harus dilakukan dengan rutin. Cara pengolahannya tidak jauh berbeda yakni daun sukun direbus dan air rebusan dari daun sukun dijadikan sebagai minuman.

Manfaat daun sukun lainnya dapat menjaga kesehatan jantung dan mengobati penyakit jantung. Kandungan didalamnya sangat baik untuk menjaga kenormalan pembuluh darah dan kesehatan jantung. Untuk mengolah daun sukun menjadi obat bagi penderita penyakit jantung dengan memetik langsung beberapa daun sukun dari pohon pilih daun yang sudah tua. Pengolahannya masih sama dengan cara merebus daun sukun, manfaat daun sukun dalam hal ini mampu melindungi organ jantung dari kekurangan aliran darah yang masuk ke dalam jantung.

Daun sukun selain dapat mengobati sakit jantung juga mampu mengobati atau menormalkan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga pencegahan terhadap penyakit diabetes. Untuk menormalkan tekanan darah tinggi juga menurunkan kadar gula dalam darah untuk pengolahan menggunakan daun sukun yang berwarna kuning. Daun sukun memiliki kandungan phenol, quercetin juga champorol.

Itulah beberapa manfaat daun sukun untuk mengobati dan menjaga kesehatan baik penyakit ringan maupun penyakit kronis. Tentunya untuk mendapatkan khasiat dan manfaat yang maksimal harus melakukan pengobatan dengan rutin.

manfaat daun sukun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *