Manfaat Daun Seledri

Manfaat Daun Seledri

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Cara-Menghilangkan-Jerawat-dan-Bekas-Jerawat-Dengan-Manfaat Daun SeledriManfaat Daun Seledri  – Tanaman yang satu ini mempunyai rasa dan aroma yang khas,selain sering dijadikan sebagai penyedap tambahan dalam beberapa masakan ternyata ada manfaat yang terkandung dalam tanaman ini, tanaman apakah itu? Tanaman tersebut yakni seledri.

Orangtua dulu biasanya memanfaatkan seledri untuk perawatan rambut supaya hitam dan lebat namun ternyata manfaat seledri tidak hanya itu, dalam artikel ini akan dipaparkan manfaat seledri bagi kesehatan. Seledri termasuk keluarga dari Umbelliferae, tanaman yang satu ini dapat menjaga dan merawat kesehatan ginjal.

Organ ini merupakan organ penting yang harus dijaga kesehatannya karena tugasnya yang berfungsi untuk menyaring darah dari zat yang berbahaya bagi tubuh sehingga tubuh tidak akan teracuni oleh kotoran yang dihasilkan tubuh. Selain itu dapat menjaga keseimbangan tubuh juga mempunyai kemampuan untuk mendaur air, mineral, glukosa dan gizi yang masuk kedalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah.

Kandungan dan Manfaat Daun Seledri

Dalam daun seledri banyak mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A sementara batang seledri mengandung vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C juga kaya potasium, kalsium, folat, magnesium, besi, natrium, fosfor, dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.

Nutrisi yang banyak terkandung dalam tanaman ini akan bekerja dengan optimal diolah menjadi jus. Garam alami yang terdapat dalam seledri aman untuk tubuh bahkan bagi penderita hipertensi sekalipun. Selain dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal seledri juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, jadi sangat baik bagi penderita hipertensi.

Manfaat-Daun-Seledri
Cara Menggunakan Manfaat Daun Seledri

Lalu bagaimana caranya  memanfaatkan seledri untuk kesehatan ginjal? Ambil seikat seledri cuci dengan air bersih yang mengalir, setelah diiris rebus dalam air mendidih selama 10 menitan lalu dinginkan. Dikonsumsi sehari satu kali, dengan cara ini maka akan membantu tubuh membuang racun melalui urin.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa seledri efektif melawan kanker. Setidaknya mengandung 8 senyawa anti kanker seperti acetylenics terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat menghalangi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor dan kumarin yang dapat mencegah radikal bebas.

Selain itu mineral yang terkandung dalam seledri dapat menyeimbangkan pH dan menetralkan keasaman. Tanaman ini pun dapat membantu mengganti tonix yang hilang dalam tubuh dengan cara di jus, melancarkan buang air besar termasuk mengobati sembelit. Jus seledri dapat menormalkan suhu tubuh jika dikonsumsi secara rutin juga dapat memperbaiki nafsu makan.

manfaat daun-seledri-untuk-kecantikan

Masih banyak manfaat daun seledri untuk kesehatan, beberapa diantaranya:

Tanaman rendah kalori hanya berisi 16 kalori per 100 gr dan mengandung serat non larut jika di kombinasikan akan membantu menurunkan masalah berat badan dan kolestrol jahat dalam darah.

Sumber yang kaya dengan antioksidan flavonoid yakni zea xanthin, lutein, juga betakaroten. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh meningkatkan sistem imun dan mencegah tumor.

Selain wortel, seledri merupakan tanaman juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dan Betakaroten merupakan antioksidan flavonoid natural yang diperlukan dalam menjaga selaput lendir sehat, kulit dan mata.

Seledri merupakan tanaman rendah kalori namun penuh dengan nutrisi. Segelas jus seledri, yang dihasilkan dari 4 cangkir seledri iris mentah mempunyai 65 kalori, kurang dari 0,7 gr lemak dan mendekati 2,8 gr protein. Takaran dalam mengkonsumsi seledri untuk pria dan wanita dalam satu minggu 3 ½ sampai 4 cangkir daun seledri. Kandungan lainnya yakni kalsium, kalium, vitamin k, folat, antioksidan juga serat pangan.

Itulah guys beberepa manfaat daun seledri yang kita pergunakan untuk obat herbal alternatif. Selain murah daun seledri tentu sangat mudah untuk di dapatkan atau malah di tanam sendiri. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita semua tentang khasanah berbagai manfaat tanaman herbal yang ada di Negara kita ini.

Jangan lupa baca juga manfaat tanaman herbal lainnya seperti manfaat kulit manggis dan manfaat daun kelor.  Jika ada pertanyaan atau malah temen-temen tahu beberapa manfaat tanaman herbal lainnya silahkan berbagi di kolom komentar. Bay..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *