Jenis Email Marketing Bisnis

Jenis Email Marketing Bisnis

Jenis Email Marketing  untuk Bisnis

Berikut ini merupakan 5 jenis email marketing yang perlu anda ketahui dan bisa diterapkan pada bisnis anda, yaitu :
1. Newsletter
Mengirim email marketing kepada pelanggan untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki. Cara seperti ini adalah jenis email newsletter. Sebelum anda menggunakan email newsletter untuk marketing, anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan anda mengirim email tersebut pada pelanggan anda. Untuk memudahkan membuat desain email newsletter, kini anda dapat menggunakan berbagai macam template newsletter yang sudah banyak tersedia.

Baca juga: Perbedaan Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page

Menggunakan email newsletter akan membeikan anda 3 keuntungan yaitu :
a. Memberi informasi terbaru mengenai update bisnis yang anda miliki, seperti diskon, promo, survei dan sebagainya.
b. Mengunjungi website atau blog toko online anda dari link yang ada pada newsletter anda
c. Newsletter yang informatif akan membuat email anda dinilai positif oleh pelanggan dan anda akan mendapat respon yang positif pula terhadap website anda

2. Digest Email
Digest adalah jenis email marketing yang secara otomatis akan dihasilkan oleh mailing list elektronik atau sering kita sebut software email. Dengan menggunakan jenis email marketing seperti ini, kita bisa menentukan periode email yang akan kita gunakan, misalnya setiap hari, minggu dan bulan, Email jenis ini juga bisa kita batasi penerimanya, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan email.

Sebuah bisnis umumnya akan memiliki banyak data produk dan juga artikel yang berkaitan dengan produknya. Dengan digest email anda dapat menerima dan mengikuti atau menyelenggarakan kontes atau pertunjukan. Ketika anda mengikuti salah satu kontes, setiap minggu kontes tersebut akan mengirimkan email tentang kontes yang sedang berjalan. Inilah cara kerja digest email. Anda juga bisa melakukannya dengan kontes yang anda buat rencanakan sendiri. Digest email akan secara berkala mengirimkan email yang berisi informasi kontes kepada semua pelanggan anda yang mengikuti kontes yang anda buat tersebut.

3. Follow-up
Jenis Email marketing ini merupakan beberapa serangkaian email yang dikirim kepada pelanggan dengan konten yang informatif dan dibuat sedemikian rupa. Email jenis ini memiliki manfaat menjaga pelanggan email anda tetap setia. Keunggulan jenis email marketing seperti ini, sangat dinantikan oleh pelanggan karena didalamnya terdapat informasi pelanggan yang dibutuhkan. Kelemahan email follow-up ini adalah bila tidak disegmentasikan, maka bisa membuat pelanggan lari dan meninggalkan anda.

4. Sponsorship
Email sponsorship merupakan email yang biasanya digunakan pebisnis untuk mulai menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk menggunakan email sponsorship, pebisnis diharuskan membayar supaya email bisa dimasukan kedalam salinan newsletter vendor lain. Biasanya email sponsorship diterapkan oleh perusahaan besar dengan jangkauan pasar yang cukup luas. Pebisnis punya opsi atau pilihan untuk mengikuti vendor mana yang menurut anda potensial menggiring pelanggan baru dan juga berpengaruh pada bisnis anda kedepannya. Dengan email ini pebisnis bisa lebih fokus pada penentuan segmen pasar yang spesifik untuk dijangkau.

5. Transaksional
Email transaksional merupakan email yang muncul dan dipicu oleh suatu tindakan transaksi jual-beli dan mengharuskan customer menyelesaikan tindakan tersebut. Seperti email yang memberitahukan customer untuk menyelesaikan transaksi dari order yang telah dilakukan. Berisi rincian belanja, pemberitahuan harga, pemberitahuan data login sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan dari adanya email transaksional ini adalah jumlah pageview dalam sebuah bisnis dapat meningkatkan dan bertumbuh.

Baca juga: 5 Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online

Itulah Jenis Email Marketing Bisnis yang bisa anda gunakan dalam membangun bisnis anda agar lebih menghasilkan sales yang seperti anda harapkan. Semua itu perlu ketelatenan dan fokus dalam melakukanya, selamat mencoba dan di tuggu feedbacknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *