Fitur – fitur WordPress

Fitur – fitur WordPress

Fitur – fitur WordPress Yang Perlu Anda Ketahui

Fitur – fitur WordPress – Untuk membangun sebuah website di perlukan pemilihan nama domain, layanan hosting, tema, plugin, dan jenis website apa yang akan kita pakai, entah itu html, php atau CMS seperti wordpress. Namun salah satu platform yang selama ini saya pakai untuk membangun semua website saya adalah WORDPRESS. Nah anda perlu juga ketahui kenapa saya memilih wordpress untuk membangun website saya, apa saja fitur-fitur wordpress yang di tawarkan untuk kita. Berikut detail fitur-fitur wordpress yang bisa anda jadikan sebagai pertimbangan:

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Yang Benar

Fitur-Fitur WordPress dan Juga Fungsinya

1.Bagian Post (Artikel)

Pada fitur post, ada beberapa bagian yang harus anda pahami, yaitu : All Post fungsinya adalah untuk memudahkan anda melihat semua artikel yang sudah anda buat pada blog Wordress anda., Fitur Add-new adalah untuk menambahkan atau membuat post (artikel) baru, sedangkan fitur Categories adalah untuk membuat kategori dari setiap artikel yang anda publikasikan.

2.Bagian Pages (Halaman)

Pada fitur pages ini, hampir menyerupai bagian Post. Yang membedakan adalah tidak adanya menu kategori seperti pada bagian Post. Fitur pages ini berfungsi untuk membuat sebuah halaman baru misalnya privacy policy, about us, contact, sitemap, dan lainnya.

3.Bagian Media

Selanjutnya adalah bagian menu media, menu ini berfungsi untuk menambahkan gambar dan melihat dari keseluruhan gambar yang sudah kita upload di blog WordPress anda. Anda juga bisa mengedit, bahkan menghapus gambar-gambar tertentu yang tidak anda perlukan.

4.Bagian Comments (Komentar)

Seperti namanya, pada bagian comments ini berfungsi untuk mengelola komentar atau comment yang masuk ke blog WordPress kita. Dengan fitur ini, anda bisa mengatur, apakah comment yang masuk terlebih dahulu harus mendapat persetujuan (aprove) oleh anda dahulu, atau otomatis akan langsung ditampilkan pada publik tanpa harus mendapat persetujuan dari pemilik website.

5.Bagaian Appearance (Tema)

Appearance digunakan untuk menaruh template (tema) pada website WordPress. Dengan fitur ini, anda bisa dengan mudah melakukan sebuah perubahan misalnya, mengganti tema baru atau bahkan anda juga bisa melakukan editing tema sedemikian rupa sehingga tampilan website anda menjadi lebih menarik di mata pengunjung. Anda bahkan juga bisa mendownload berbagai tema yang sudah disediakan oleh situs resmi WordPress.org. saran saya sebaiknya gunakan hosting Indonesia agar WordPress anda mudah diakses oleh siapa saja.

6.Bagian Plugins

Plugins adalah aksesories tambahan yang bisa kita tambahkan ke website agar website WordPress anda semakin canggih lagi. Dengan fitur ini, anda bisa menginsttal plugin secara langsung, mengunduh plugins dan menguploadnya, bahkan anda juga bisa menghapus plugins yang tidak di perlukan.

7.Bagian Users (Pengguna)

Pada bagian menu Users berfungsi untuk melihat siapa saja pengguna website WordPress kita, pada fitur ini juga kita bisa mengatur tingkatan hak akses untuk user ketika login pada website. Di menu ini, anda bisa mengganti password untuk mengatur keamanan website WordPress anda.

8.Bagian Tools (Alat)

Mungkin pada suatu saat anda ingin sekali untuk berpindah platform ke website yang lainnya. Nah dengan menggunakan menu ini anda bisa melakukan import maupun export seluruh isi dalam website ke platform lian yang anda inginkan misalnya blogspot.

9.Menu Settings (Pengaturan)

Pada menu ini sangat penting untuk mengatur seperti apa website yang kita inginkan. Nah jika anda masih pemula banget menggunakan wordpress, sebaiknya anda pahami betul-betul menu ini agar anda bisa mengatur website anda menjadi SEO freandly dan baik dimata search engine.

Baca juga: Tempat Kursus Bisnis Online Terbaik 2017

Jika anda ingin belajar cara membuat wordpress silahkan cek DISINI

Nah, sobat sekalian itulah pembahasan kita kali ini tentang fitur-fitur wordpress yang harus anda ketahui agar ketika anda nanti ingin membangun sebuah website maka anda sudah paham bagaimana mengelola website anda. Ok sobat semoga bermanfaat ya jangan lupa share dan kasih masukkan.

%d bloggers like this: