Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Planner

Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Planner

Hallo temen-temen…jumpa lagi dengan saya parno penulis dan pemilik suparnoblog.com ini.

Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Planner – Di artikel sebelumnya temen-temen sudah saya kenalkan dengan wordpress ya? apa saja kelebihanya, trus apa saja yang bisa kita buat dengan wordpress tersebut sudah saya kupas di artikel saya tersebut. Kalau ada yang belum baca silahkan baca disini ya.

Nah, untuk melanjutkan ke materi ke 2 tentang panduan wordpress pemula. Kali ini saya ingin mengajak temen-temen untuk meriset kata kunci dengan tujuan untuk mencari seberapa besar produk kita di cari orang di mesin pencari (search engine) seperti google.

Langkah ini perlu temen-temen lakukan agar sebelum membangun website,  temen-temen memiliki pondasi website bisnis yang kuat, sehingga bisa bertahan lama dan tidak mudah di terjang badai kemajun informasi dan ketatnya persaingan bisnis di masa depan.

Meriset kata kunci ibaratnya kita menyediakan bahan untuk membangun pondasi untuk rumah kita. Dengan persiapan dan pondasi yang kuat dan matang maka di harapkan bisnis kita bisa tetap eksis.

Kenapa Perlu Riset Kata Kunci?

Tujuan saya menulis artikel Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Planner ini adalah Supaya temen-temen tau seberapa besar potensi produk atau bisnis yang bisa kita hasilkan. Disamping itu kita juga bisa mengetahui seberapa banyak kompetitor yang sama produknya atau bisnisnya dengan kita. Dengan mengetahui banyaknya kompetitor maka kita bisa mempersiapkan strategi bisnis yang lebih baik dari mereka.

Ok, karena dalam modul Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Planner ini panjang banget nanti pembahasanya kita lagsung mulai saja ya?

  1. Pertama silahkan temen-temen buka https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner
  2. Maka temen-temen akan di bawa ke halaman google adwords, jika temen-temen baru pertama kali menggunakan ini maka ikut saja proses pendaftaranya. dan kurang lebih halaman keyword planner adalah seperti gambar dibawah ini.cara riset kata kunci dengan google planner
  3. Jika sudah punya akun silahkan langsung login aja dengan klik menu “Masuk” jika belum silahkan daftar dulu ya dengan klik “Buat Akun“. Maka akan terbuka halaman seperti ini.cara riset kata kunci dengan google planner
  4. Masukkan email lalu klik “Lanjutcara riset kata kunci dengan google planner
  5. Klik “Search for new keywords using a phrase,website or categorycara riset kata kunci dengan google planner
  6. Pada kolom Your Product or service masukkan kata kunci (keywords) yang sesuai dengan produk atau jasa yang ingin temen-temen jual. Tergeting pilih Indonesia, date range biarkan saja yang 12 month yang lainya abaikan saja lalu klik “Get ideascara riset kata kunci dengan google plannercara riset kata kunci dengan google planner
  7. Maka akan muncul deretan keyword-keyword yang tadi anda masukkan dan kata kunci turunanya.cara riset kata kunci dengan google planner
  8. Selanjutnya anda klik menu “Downloadselanjutnya anda klik menu "Download"
  9. Klik “Downloadselanjutnya anda klik menu "Download"
  10. Klik “Save file” maka keyword-keyword tersebut akan di unduh dan tersimpan di komputer/laptop anda. Untuk langkah selanjutnya adalah buka file tersebut yang dalam bentul “exel” seperti contoh di bawah ini.cara riset kata kunci dengan google planner
  11. Maka akan terbuka file exel yang berisi kata kunci tadicara riset kata kunci dengan google planner
  12. Langkah selanjutnya silahkan hapus semua kolom dan sisakan kolom keyword dan Avg.Search Montlycara riset kata kunci dengan google planner
  13. Selanjutnya…cara riset kata kunci dengan google planner
  14. Blok kolom avg search monlty (gambar 1), kemdian silahkan ratakan jumlah pencarian biar rata sebelah kanan dengan klik sepert tanda panah No.2 (gambar 2), selanjutnya silahkan klik tanda koma seperti gambar tanda panah 3.cara riset kata kunci dengan google planner
  15. Ganti judul pada kolom avg.search montly dengan “Jumlah Pencarian Per Bulan” kemudian Lalu klik Simpan (save).Lalu klik Simpan (save).
  16. Langkah selanjutnya kita akan urutkan jumlah pencarian dari yang paling banyak ke yang paling kecil, caranya blok avg.search montlyLalu klik Simpan (save).
  17. Kemudian pilih menu “Sort Filter” => “Custom SortLalu klik Simpan (save).
  18. Centang pada kolom my data has headers, pada menu sort by pilih “jumlah pencarian per bulan” dan pada kolom order pilih “Z to A” lalu klik “OKLalu klik Simpan (save).
  19. Nah sekarang jumlah pencarian sudah urut dari yang besar ke yang kecil.

Sampai sini sebetulnya sudah selesai untuk langkah cara riset kata kunci dengan google planner. Temen-temen sudah bisa melihat seberapa besar potensi penghasilan yang bisa anda hasilkan dengan jumlah pencarian yang sudah anda riset tadi.

Di modul berikutnya kita akan membuat 3 meta tag sebagai pondasi dasar wesbite yang akan kita bangun. Dengan memiliki pondasi yang kuat maka ketika bangunan website di dirikan juga akan kokoh dan tahan dari segala goncangan.

So.semoga bermanfaat ya. silahkan klik disini untuk lanjut ke modul selanjutnya.

%d bloggers like this: