Cara Mengatasi Gagal Import Database

Cara Mengatasi Gagal Import Database

Cara Mengatasi Gagal Import Database Di phpMy admin

Hallo sobat blogging sekalian, jumpa lagi dengan saya parno. Terimakasih ya selama ini masih setia mengunjungi blog saya untuk mendapatkan informasi-informasi yang tentunya bermanfaat untuk sobat semua.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang baru-baru ini saya alami yaitu saya menemui kendala saat mau mengimpor database .sql di web saya. Kenapa saya lakukan import database? Sebab web saya barusan saya pindahkan (migrasi) ke server baru dimana server ini menurut saya cukup handal untuk ita gunakan sebagai tempat untuk menyimpan semua file website saya.

Selain handal satu lagi yang paling saya suka dari layanan web server ini yaitu harganya yang cukup bersaing dan support 24 jam penuh. Selama saya menekuni bisnis online baru kali ini saya menemui server yang bagus seperti ini, penasaran coba cek sendiri disini. Ok kita kembali ke topik utama yaitu cara mengatasi gagal import database di phpMy Admin.

Baca juga : 5 Hal Penting Yang Harus Anda Tampilkan di Blog

Seperti yang sudah saya singgung diatas tadi, saya cukup pusing juga di buat oleh kendala yang baru saya alami seumur hidup saya ini. Dimana saya mengalami error ketika mau import database di wordpress yang baru saja saya migrasi tersebut.

Sebetunya banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gagal import database ini. Namun pada pembahasan kali ini saya akan fokus membahas pada permasalahan yang saya alami. Dimana gagal yang saya alami ini terjadi kesalahan pada database lama saya, dimana pada database lama berbeda tipe collation table databasenya dengan tipe collation di database baru. Dan biasanya gagal import seperti ini akan memunculkan pesan error seperti pada gambar di bawah ini:

screenshot_54

Sempat kelabakan juga sih mencari solusi untuk mengatasi error seperti ini, namun saya tidak putus asa, saya terus bertanya kepada si mbah google bagaimana cara mengatasi gagal import database seperti ini. Dan akhirnya saya menemukan solusinya.

Jika kebetulan temen-temen nanti ada yang mengalami hal yang sama dengan yang saya alami silahkan simak solusinya di berikut ini.

Untuk mengatasi gagal import database karena berbeda tipe collation seperti yang saya alami seperti ini anda bisa perhatikan pesan yang muncul di kata-kata paling bawah dari pesan error di phpMy admin anda. Coba perhatikan sekali lagi gambar diatas. Pesan yang muncul di phpMy admin saya adalah “#1273 Unknown collation: ‘utf8mb4_unicode_520_ci’”. Padahal seharunya table database yang benar adalah “#1273 Unknown collation: ‘utf8mb4_unicode_ci‘”. Pastinya temen-temen sudah bisa menebak dimana letak kesalahanya…

Yups..benar sekali kesalahan terletak pada tulisan 520_. Karena saya sudah tahu letak kesalahannya, maka langkah yang saya ambil adalah mengedit sql database tersebut dengan menggunakan notepad++ yang sudah saya install di komputer saya. Jika temen-temen belum punya bisa kok di edit menggunakan Ms.Word atau wordpad. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Buatlah database baru pada server baru anda, anda bisa baca pandun Cara Buat Database Di Cpanel disini
  2. Buka file database yang akan diimport

    cara mengatasi gagal import database

  3. Replace utf8mb4_unicode_520_ci menjadi utf8_unicode_ci
  4. Simpan perubahan terhadap file tersebut
  5. Lalu import pada database yang baru seperti biasa
  6. Sukses

Selanjutnya anda buat konfigurasi pada file wp-config.php, dan sesuaikan dengan nama database dan username yang sudah anda buat tadi seperti nampak pada gambar berikut ini:

cara-mengatasi-gagal-impor- databasesql

cara-mengatasi-gagal-impor- database sql

cara-mengatasi-gagal-impor- database sql

cara-mengatasi-gagal-impor- database sql

cara-mengatasi-gagal-impor- database sql

Mudah bukan… Solusinya memang sangat simpel yaitu dengan merubah tipe collation dalam file database tersebut (mengedit) nya. Jadi dapat ilmu baru lagi nih hehe…

Baca juga : 5 Hal Penting yang perlu dilakukan dengan blog baru

Itulah sobat cara mengatasi gagal import database wordpress yang bisa saya share disini, semoga dengan informasi ini bisa memberikan solusi jika ada permasalahan sama yang muncul yang temen-temen hadapi. Ok itu dulu yang bisa kita bagi, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *