Monday , June 25 2018
Breaking News
Home / Tutorial / Cara Membuat Video Tutorial
Cara Membuat Video Tutorial
Belajar Cara Membuat Video Tutorial Sendiri menggunakan Camtasia Studio

Cara Membuat Video Tutorial

Panduan Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia Studio

Yuk belajar Cara membuat video tutorial sendiri – Sebetulnya banyak banget kok cara untuk membuat video tutorial itu, salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembuat dan perekam video. Dan aplikasi-aplikasi ini banyak yang gratis loh, kenapa gak kita manfaatin untuk keperluan bisnis kita kalau gratis, saying kan?

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi pengalaman nih bagaimana cara membuat video tutorial sendiri menggunakan aplikasi camtasia. Seperti yg aku bilang tadi banyak software-software untuk membuat video tutorial seperti snagit, Jing, dan lain-lain.

Tapi kenapa saya memilih Camtasia Studio? Sebab sangat mudah di gunakan apalagi yang masih pemula tentu harus belajar dari yang mudah-mudah dulu ya, setuju!

3 Software Free untuk Membuat Video Tutorial

Nah, tentu pertama kali untuk bisa membuat video tutorial temen-temen harus install dulu ya aplikasinya. Silahkan download dulu ya software nya diisini.

  1. JING FREE
  2. SNAGIT
  3. CAMTASIA STUDIO

Setelah berhasil download jangan lupa di install ya di computer maupun laptop temen-temen.

Dibawah ini merupakan salah satu contoh video tutorial yang saya buat menggunakan camtasia studio dan sudah saya unggah ke youtube :

Untuk membuat video tutorial sendiri temen-temen juga bisa Bisa menggunakan kamera digital atau , kamera smart phone. Tapi yang lebih praktis menurut saya adalah dengan menggunakan software screen record camtasia studio di komputer/laptop Anda.

Langkah-Langkag Cara Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia

Berikut adalah cara membuat video tutorial dengan Camtasia Studio ini sangat mudah sekali kok.

1.Pertama setelah temen-temen buka aplikasi camtasia studio silahkan pilih tombol “Record the screen” yang ada d sebalah pojok kiri atas.

cara membuat video tutorial
Penampakan software camtasia studio

2.Namun biasanya ketika pertama kali temen-temen buka aplikasinya maka akan muncul gambar seperti ini. Lalu pilih record the screen

cara membuat video tutorial

3.Kemudian pilih ukuran layar yang ingin di rekam bisa Full Size, atau ukuran lainya sesuai kebutuhan video yang ingin di buat. Untuk ukuran video yang ingin di upload ke youtube silahkan pilih ukuran 1280 x 720.

cara membuat video tutorial

Maka akan muncul kotak dengan garis putus-putus berwarna hijau di tepian layar computer temen-temen. Nah itulah ukuran layarnya sesuai dengan pilihan yang sudah temen-temen pilih tadi.

4. Setelah itu silahkan temen-temen cek pengaturan Audionya yang ada disebela bawah kanan. Jika temen-temen menggunakan laptop, biasanya sudah ada microponya. Namun jika dengan computer silahkan gunakan mic atau earphone tambahan untuk merekam suara anda. Untuk yang menggunakan laptop untuk mengetes bisa dengan berbicara, jika layar volumenya sudah bergerak naik turun berarti suara anda sudah di rekam. Jika belum coba di cek lagi.

cara membuat video tutorial

5. Temen-temen juga bisa memakai Webcam jika ingin menampilkan gambar temen-temen dalam video. Tapi saran saya kalau pas temen-temen dalam kondisi siap ya, artinya jangan pas belum mandi pakai webcame hehe nanti malah yang nonton video pada ngacir kali.

cara membuat video tutorial

7. Jika sudah untuk memulai merekam silahkan temen-temen klik tombol Record di bagian kiri bawah camtasia seperti gambar berikut.

cara membuat video tutorial

Rekam semua aktifitas yang anda lakukan di layar computer atau laptop Anda. Rekam sampai video yang anda buat selesai. Jika sudah tekan tombol STOP, maka jadilah Video Tutorial buatan Anda sendiri.

 

Dalam mengajarkan apa pun Jika Anda sajikan dalam bentuk video tutorial. Maka Akan lebih mudah dan efisien bagi Anda dalam jangka panjang. Sebab Anda hanya perlu membuatnya sekali saja. Tapi bisa digunakan berkali-kali kapan pun dan dimana pun, baik secara offline maupun online.

Dan siapapun yang mendownload video tutorial Anda bisa belajar dengan menontonya secara berulang-ulang sampai mereka paham membuatnya sendiri.

Setelah video selesai anda rekam, anda bisa juga mengeditnya dengan menggunakan camtasia studio misalnya menambah gambar, memasukkan background music, men-blur, sampai menam zoom pada video semua bisa anda lakukan.

Anda bisa mengambil gambar dari internet atau bisa juga dari computer anda. Setelah semua anda rasa sudah ok, lalu anda bisa menyimpanya terlebih dahulu kedalam file di computer anda untuk kemudian bisa di upload ke youtube atau ke situs social media lainnya. Untuk menyimpan file gunakan menu Produce and share, simpan dalam format M4 kualitas pilih HD.

cara membuat video tutorial

Bahkan temen-temen sekarang juga bisa membuat video tutorial secara live di internet. Karena sudah banyak situs yang menyediakan softwarenya secara free. Bisa juga menggunakan fasilitas di youtube, atau hangout dari google yang semuanya itu free buat Anda.

Nah itu tadi pembahasan kita tentang cara membuat video tutorial yang bisa saya share disini semoga apa yang saya informasikan ini bisa bermanfaat untuk sobat semua. Jangan lupa dishare ya jika bermanfaat.

Jika temen-temen ingin mendapat panduan cara membuat video tutorial lebih lengkap silahkan lihat panduan cara membuat Video Tutorial atau dapatkan video tutorialnya di Cara Membuat Video Tutorial dengan menghubungi Whatsapp saya di bawah ini, harga cukup murah hanya Rp 100.000,- saja!

About Suparno

Nama saya Suparno, seorang mantan Karyawan. Saya mantan Karyawan yang saat ini berprofesi sebagai seorang full time blogger dan Internet marketer. Saya tinggal di Solo, Jawa Tengah. Selama menjalani bisnis online, saya telah mengalami beragam kegagalan dan trial dan error. Di blog inilah saya berbagi pengalaman tersebut yang semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Check Also

Cara Membuat Landing Pages Profesional

Cara Membuat Landing Pages Profesional

Cara Membuat Landing Pages Profesional dengan Plugin Gratis Ezlead Pro Cara Membuat Landing Pages – ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *