Apa Itu WordPress

Apa Itu WordPress

Apa Itu WordPress Sebenarnya?

Apa Itu WordPress – Seringkali kalo kita berselancar di internet kita sering menemui kata-kata wordpress,blog wordpress, cara membuat blog wordpress, dan lain-lainnya. lalu yang jadi pertanyaan adalah apa itu wordpress ?

Baiklah pada kesempatan posting kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang apa itu wordpress? agar temen-temen para blogger mania bisa tahu seluk-beluk mengenai apa itu wordpress yang sebenarnya.

WordPress adalah merupakan sebuah aplikasi CMS (Content Management System) yang bersifat Open Source. Dimana sistem ini berarti bahwa pihak ketiga bisa ikut mengelola atau mengedit dari kode-kode yang ada di wordpress itu. WordPress sangat populer sekali dalam dunia blog dan website karena aplikasi ini memang sangat mudah sekali untuk di gunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

WordPress merupakan mesin blog (Blog Engine) yang paling banyak di gunakan oleh para pelaku bisnis khusunya bisnis online untuk membangun blog atau website mereka. Karena di samping sangat mudah untuk di kelola wordpress juga memiliki banyak kelebihan jika di banding dengan blog engine lainnya.

Blog engine wordpress ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan juga dengan basis Data (database) MySQL dimana  keduanya merupakan sebuah sistem perangkat lunak sumber terbuka atau biasa di sebut dengan (Open Source Software).

Seiring berjalanya waktu dan Karena kemampuanya yang mudah untuk di modifikasi dan di sesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya, maka platform wordpress ini sekarang berubah menjadi sebuah mesin yang berbasis CMS yang banyak di gunakan oleh situs-situs besar seperti CNN, The New Yorks Times, dan lainya. Bahkan para pelaku bisnis online dalam negeri pun sekarang banyak yang memilih wordpress untuk membangun blog atau website mereka.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis WordPress.

Sejarah WordPress

Nama awal dari wordpress sebetulnya adalah b2, dimana system ini pertama kali di kembangkan oleh seorang programmer yang bernama “Michel Valdrighi“. Entah karena alasan apa pengembangan sistem ini di hentikan setelah berjalan beberapa waktu. Ini yang kemudian membuat seorang pengguna aktifnya yaitu “Matt Mullenweg” untuk mengambil alih pengembangan dari sistem ini. Sebab beliau merasa sayang jika sistem ini di hetikan begitu saja. Untuk itu dia kemudian melanjutkan pengembanganya.

apa itu wordpress-security
Dan setelah system ini dikembangkan lagi oleh Matt Mullenweg dan seorang lagi temanya “Mike Little“, maka wordpress di rilis lagi pada tahun 2003. Mulai sejak saat itu wordpress makin populer dan terkenal. Ini dikarenakan banyak sekali fitur-fitur yang di tambahkan juga dengan tampilan yang menarik dari worpdress itu sendiri.

Selain itu system ini bisa berkembang pesat dikarenakan adanya dukungan dari komunitas  terhadap perangkat lunak ini. Hampir 80% pelaku bisnis online menggunakan platform wordpess saat ini. Itulah makanya wordpress menjadi blog engine no satu sampai saat ini.

Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Saat ini wordpress menyediakan dua layanan yaitu wordpess.com dan platform Wordpess.org. kedua-duanya adalah GRATIS. Namun ada beberapa perbedaan untuk keduanya dan akan kita bahas satu persatu dibawah ini.

  1. WordPress.com di dirikan oleh perusahaan Automattic dimana perusahaan ini memberikan layanan kepada para penggunanya untuk membuat blog menggunakan mesin wordpress. Untuk membuat blog menggunakan wordpess.com ini cukup mudah sekali yaitu hanya cukup mendaftar pada situs wordpress.com saja. Para penggunanya sudah bisa membuat blog atau wesbite dengan mesin wordpress ini, Jadi tidak perlu instalasi dan konfigurasi apapun.Tapi karena kemudahanya itu wordpress.com ini banyak memiliki kekurangan jika dibanding dengan wordpress.org. dimana para penggunanya tidak bisa memodifikasi template bawaan dari wordpress.com ini. Ini artinya kita tidak bisa menambahkan asesori apapun untuk wordpress.com ini selain yang sudah disediakan oleh pihak pengembang. Tapi walau begit anda tidak usah kawatir sebab semua fitur yang ada di wordpress.com ini sudah cukup bagus kok.
  2. Sedangkan WordPress.org adalah system yang pegang oleh pengembang (developer). Para pengguna wordpress.org ini dapat mendownlod aplikasi ini di situs resmi wordpress.org. dan CMS ini bisa kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita selama kita menguasai PHP,CSS.

Saat ini wordpress dalam bahasa Indonesaia juga sudah tersedia, yang mana ini adalah hasil dari kontributor para pengembang di Indonesia yang di pimpin oleh seorang mahasiwa kedokteran dari Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) yaitu Huda Toriq.

Dan berikut adalah perbedaan dari kedua platform ini secara ringkasnya:

  • WordPress.com adalah Untuk para pengguna yang ingin membuat blog atau wesbite sendiri dengan cepat dan mudah.
  • WordPress.org adalah untuk para pengguna yang ingin membuat blog atau website yang bisa di modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan dan bisa di install di server sendiri dan menggunakan nama domain sendiri.

Sampai sini sudah paham dan jelas ya mengenai perbedaan dari keduanya dan apa itu wordpress?

Baca juga: Kenapa Pilih WordPress

Keunggulan dan Fitur Canggih yang di Miliki WordPress

 

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur yang canggih sebagai mesin blog (Blog Engine), diantarannya :

  1. Gratis. Kita tidak perlu membayar sesenpun untuk mendapatkan perangkat lunak wordpress ini bahkan untuk blog berbayarpun, kita hanya perlu mendownload di situs resminya saja. Maka kita sudah bisa mendapatkan mesin canggih blog ini.Apa Itu WordPress
  2. Open Source (Kode Sumber Terbuka). Jika kita memiliki kemampuan pemrograman kita bisa melihat semua kode-kode yang ada di dalam mesin ini, kita juga bisa mengubahsuai  semua yang ada di dalamnya sesuai dengan keinginan kita sendiri. Bahkan jika kita mampu juga bisa mengembangkannya sendiri.
  3. Tersedia Ribuan Template WordPress. Jika anda tidak paham dengan kode-kode HTML anda masih bisa memilih ribuan template/tema yang sudah disediakan, baik itu oleh pihak pengembang sendiri atau pihak ketiga. Dan hebatnya lagi kita juga masih bisa memodifikasi template-template tersebut sesuai dengan kebutuhan blog atau website kita.
  4. Pengelolaan dan Pengoperasiannya sangat mudah.
  5. Multi User. WordPress bisa di jadikan sebagai blog komunitas sehingga para anggotanya bisa berperan aktif sebagai  kontributornya. Jadi satu blog bisa di gunakan oleh banyak orang.
  6. Mudah di Pindah. Jika anda sebelumnya anda memiliki blog gratis dari platform lain seperti blogger,weekly,Live Jurnal, dan lainnya, anda bisa memindahkan blog anda tersebut ke blog wordpress anda (Khusus WordPress.org). Cara ini bisa kita lakukan dengan menginstall satu plugin pada blog wordpress anda.
  7. Support Sytem. Pihak wordpress juga menyediakan dukungan layanan support untuk para penggunanya, dengan demikian anda tidak perlu kawatir jika suatu saat mengalami kendala anda bisa tanyakan lewat komunitas yang sudah di sedikan oleh wordpress.
  8. Plugin. Pihak pengembang sudah menyediakan ribuan plugin yang bisa anda install untuk lebih mempercanggih mesin blog  wordpress anda. Belum lagi plugin yang di buat dan disediakan oleh pihak ketiga. Plugin sendiri adalah suatu program tambahan yang bisa di integrasikan dengan wordpress, dimana program ini belum ada tersedia pada instalasi awal. Misalnya seperti plugin web counter,anti spam,dan lain-lainnya.
  9. Permalink. Dimana dengan struktur ini lebih memudahkan mesin pencari (Search Engine) untuk mengenali semua struktur dari blog wordpress kita dengan baik.
  10. Performa blog bisa kita tingkatkan dengan menambahkan Ekstensi pada wordpress.
  11. Muti Kategori. Dalam satu artikel bisa kita berbagai macam kategori dan sub kategori, dengan demikian maka akan lebih mudah untuk mengakses dan mencari artikel yang ada pada blog wordpress kita.
  12. Ping Otomatis. WordPress juga memiliki fitur dan fasilitas trackback dan pingback otomiatis. Sehingga setiap artikel yang kita publis akan langsung di ping secara ototmatis ke berbagai search engine,sosial bookmark, dan web directory. Jadi artikel dan blog kita akan lebih mudah di index dan di temukan oleh mesin pencari.
  13. FasilitasTeks Editor. WordPress juga sudah menyediakan teks editor yang lengkap, sehingga ketika kita membuat artikel kita bisa membuat dengan gaya bahasa sesuai dengan yang kita inginkan, seperti  huruf tebal, huruf miring, atau huruf yang di beri garis bawah (underline). Selain itu juga bisa kita atur mau rata tepi kiri, tengah atau rata kanan juga bisa.
  14. Page Statis. Di wordpress anda juga bisa membuat sebuah halaman statis sebagai halaman antar muka blog atau website anda. Jadi halaman ini akan terpisah dengan halaman artikel. Dengan begitu kita bisa lebih mudah untuk mengelola antara page dan post di website kita.
  15. SEO (Search Engine Optimizer). Kita bisa membuat artikel yang SEO freandly dengan fasilitas yang di sediakan oleh wordpress. Dengan mengoptimalkan blog kita maka kita bisa mengalahkan para pesaing kita untuk bisa tampil di halaman pertama google.

Ok, guys itulah pembahasan kita tentang apa itu wordpress, semoga dengan tulisan yang singkat ini bisa membantu teman-teman lebih memahami tentang wordpress dan memilih wordpress sebagai mesin blog atau website temen-temen semua. Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan kirim lewat komentar ya…saya sangat menghargai semua ide dan saran dari blogger semua. Semoga bermanfaat.

%d bloggers like this: