Apa Itu Hosting

Apa Itu Hosting

Hosting Adalah

Apa Itu Hosting – Ok guys jumpa lagi dengan saya..semoga hari ini masih tetap selalu dalam lindungan alloh SWT ya..amin..dan semoga juga agan-agan semua juga selalu mendoakan saya dan keluarga saya hehe..tp sebeumnya makasih lo doanya dan udah mau mampir ke blog saya ini.

Pada posting kali ini saya akan masih bercerita seputar cara membuat website atau blog. Ini merupakan ilmu basic sekali ya sebetulya untuk temen-temen yang masih pemula. Tapi untuk yang udah mastah bolehlah menyimak dan memberikan masukkan jika apa yang akan saya tulis ini ada yang kurang.

Walaupun kemajuan teknologi sudah pesat sekali apalagi di bidang telekomunikasi dan webdesign namun masih banyak sekali dari temen-temen yang belum paham tentang domain dan hosting. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu Hosting?

Baca juga: Apa itu Domain

Fakta menyebutkan bahwa Ternyata masih banyak juga yang belum begitu paham perihal apa itu domain dan apa itu hosting. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk ke inbox saya yang intinya menanyakan, apa itu hosting.

Lalu, apa itu hosting?

Kalau diibaratkan sebuah rumah atau bangunan, hosting itu seperti tanah tempat bangunan itu berdiri. Semakin luas tanahnya, maka akan semakin leluasa pula kita dalam membangun, mau dibentuk seperti apa ya terserah kita.

Baiklah saya juga akan masih memakai perumpamaan kita akan membangun sebuah toko untuk berjualan seperti mana juga sudah saya bahas tentang apa itu domain di artikel saya yang lain di blog ini.

Hosting menurut devinisi saya pribadi adalah ibarat sebuah tempat atau untuk mendirikan sebuah bangunan atau toko tempat berjualan. Misalkan anda mau berjualan baju di pasar atau di mall pasti anda akan memerlukan sebuah tempat atau ruangan untuk menaruh sebuah barang dagangan anda tersebut bukan?

Apa-itu-Hosting
Bagaimana anda bisa berjualan jika anda tidak memiliki tempat untuk berjualan hehe. Jadi sebelum anda mulai mau berjualan pasti anda akan mencari tempat yang strategis untuk berjualan. Nah tempat yang akan anda jadikan tempat untuk berjualan inilah yang di namakan HOSTING.

Jelas ya! Jadi hosting adalah tempat untuk menaruh dagangan untuk produk kita. Nah, kalo di dunia online tempat ini namanya Hosting. Semakin luas tempat yang anda miliki maka semakin leluasa anda bisa membangun dan mendirikan bangunan disana. Anda bisa atur semua bentuk bangunan atau toko sesuai selera anda.

Di dalamnya anda juga bisa menaruh barang-barang sesuai lebar atau luas lahan yang anda miliki tersebut. Inilah yang nantinya akan di sebut dengan Website jika semua komponenya sudah di tautkan satu dan lainnya yaitu domain dan hostingnya.

Cuma kalo di dalam dunia online bukan barang-barang fisik yang anda taruh tapi cukup gambar atau foto dari barangnya saja. Dengan gambar yang asli dan jelas semua pembeli seakan-akan memang sedang meilhat barang secara nyata. Makanya orang lebih senang berbelanja lewat online sekarang ini karena di samping simple juga tidak perlu repot untuk keluar rumah untuk berbelanja.

 Bagaimana Caranya Kita Mendapatkan Hosting?

Supaya kita bisa punya hosting kita harus menyewanya dari pihak penyedia jasa web hosting. Sekarang ini sudah banyak sekali provider yang menyediakan penyewaan hosting di internet. Anda tinggal mencarinya dengan mengetikan kata kunci “Hosting Murah”, atau ” Hosting Paling Bagus“, dan lainya di internet maka akan  muncul ribuan bahkan jutaan penyedia hosting disana.

Anda tinggal pilih penyedia jasa hosting yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan bajet anda. Dibawah ini adalah salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk menyewa hosting untuk anda. Disamping murah sebab saya sendiri adalah pelanggan tetap di provider tersebut. Ini bukan promosi lo tapi karena saya sendiri sudah merasakan sendiri bagaimana pelayananya, di samping itu dari segi harga juga sangat miring dibanding tempat lain.

Apa-itu-Hosting

Rekomendasi Hosting

Dan inilah beberapa tips cara memilih tempat membeli hosting yang bagus menurut versi saya:

  1. Pilih layanan hosting yang fastrespon syukur-syukur memberikan layanan 1×24.
  2. Bandingkan harganya dengan penyedia hosting lainnya
  3. Bandingkan space dan bandwitch yang di dapat.
  4. Sebaiknya pilih pembelian hosting satu tempat dengan pembelian domain agar ke depanya lebih enak dalam mengelolanya.
  5. Pilih space hosting yang ada add domainya, sehingga jika anda ingin menambah atau membuat website baru tidak perlu untuk membeli hosting lagi tinggal addon domain saja.
  6. Beli domain minimal dengan space 200mb untuk standar 1 website.

Nah, itulah guys tips dari saya untuk membeli hosting. Dan sampai sini selesai sudah pembahasan kita tentang apa itu hosting?

Jadi Intinya pengertian Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Semoga dengan artikel ini temen-temen lebih bisa memahami semua komponen yang di butuhkan sebelum membuat website. Jika ada pertanyaa atau masukkan silahkan kirim lewat kolom komentar ya guys..semoga bermanfaat.

 

%d bloggers like this: