5 Jenis Blog yang Perlu Anda Ketahui

5 Jenis Blog yang Perlu Anda Ketahui

Ini 5 Jenis Blog yang Perlu Anda Ketahui

5 Jenis Blog Yang Perlu Anda Ketahui – Tidak di pungkiri geblog saat ini menjadi pilihan banyak pelaku bisnis online untuk mendapatkan trafik ke situs mereka. Namun masih banyak blogger yang belum tahu jenis blog apa yang mesti mereka buat untuk sebagai media untuk menjalankan aktifitas bisnis mereka.

Baca Juga: Apa Itu Domain

Kebanyakan dari mereka masih bingung menentukan jenis blog yang bagaimana yang harus mereka buat untuk menunjang bisnis mereka. Untuk itu anda perlu mengetahui 5 jenis blog ini sebelum anda memutuskan untuk membuat blog anda.

Berikut ke 5 jenis blog yang perlu Anda Ketahui dan bisa anda pilih tersebut:

  1. Personal Blog
    Personal blog adalah blog yang di buat untuk personal branding, blog ini bisa berisi banyak topik pembahasan. Bisa sekedar untuk menulis diare pribadi dalam bentuk artikel, atau sekedar sharing tentang pengalaman hidup atau keahlian yang kita miliki. Biarpaun blog ini di buat dengan tujuan untuk blog pribadi namun untuk saat ini sudah banyak yang bisa menghasilkan uang dari blog mereka.
  1. Authority Blog
    Authority blog biasanya dia buat untuk tujuan menghasilkan duit dari blog jangka panjang. Biasanya blog seperti ini akan membahas satu topik secara mendetail. Dari sebuah topik utama sampai ke solusi cara pemecahan malasah tersebut. Makanya blog seperti ini akan memiliki banyak sekali kata atau paragraf, kadang sampai 1000-1500 kata dalam satu artikel.Blog jenis ini sekarang memang lagi banyak bermunculan di dunia maya. Karena dengan membangun blog otoritas seperti ini maka bukan saja kita bisa mendapatkan trafik dari search engine tapi kita bisa juga mendapatkan kunjungan dari sosial media.Dari segi SEO blog seperti ini juga bagus, sebab dalam satu artikel pembahasan yang di kupas akan sangat detail sekali sehingga orang tidak perlu lagi mencari artikel satu-persatu, tapi mereka bisa mendapatkan informasi hanya dalam satu artikel.Blog seperti ini juga tidak terpaut dalam satu topik pembahasan, tapi bisa mencangkup banyak kategori yang bisa di bahas dalam blog seperti ini, misal kesehatan,properti,teknologi,pengembangan diri, dan lain-lain. Beberapa contoh blog otoritas adalah: Problogger (blog otoritas seputar dunia ngeblog),TechCrunch (blog otoritas seputar dunia teknologi)
  1. Niche Blog
    Blog jenis ini berlawanan sekali dengan authority blog. Jadi jika blog otoritas bisa membahas banyak topik, jenis niche blog biasanya malah malah membahas satu topik tertentu. Yang diharapkan dengan membuat blog jenis ini bisa tampil di halaman satu mesin pencari. Dengan cara mengoptimasi semua artikelnya yang ada di dalamnya.Dari riset kata kunci, pembuatan artikel, sampai mengoptimalkan konten tersebut bisa muncuk di halaman satu search engine.
    5 jenis blog yang perlu anda ketahui
    Dari segai trafik jenis blog seperti ini sangat menggantungkan dari SEO. Jadi para pemilik blog ini biasanya akan selalu mencari backlink dan dari berbagai sumber agar blog mereka bisa berada di halaman 1 mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang mereka bidik.Tapi jenis blog ini memang juga memiliki kelemahan tertentu. Diantaranya adalah karena sifatnya yang ketergantungan oleh SEO maka jika google menerapkan satu kebijakan baru, maka mereka bisa kehilangan banyak trafik dalam waktu sekejap saja.Banyak para pemilik niche blog ini yang mengeluh karena blog mereka kena tendang dari halaman satu mensin pencari  karena google pernah menerapkan google panda, google penguin dan lainya.Dan sekarang banyak sekali adu argumentasi antara para pelaku bisnis online khususnya para blogger mania yaitu lebih bagus mana untuk menghasilkan uang antara authority blog atau niche blog. Tentu saja para pemilik blog authority mereka akan mengatakan bahwa blog otoritaslah yang paling bagus untuk menghasilkan uang, tapi sebalaiknya para pemilik blog niche juga tak mau kalah memberikan argumentasi mereka..hehe

    Baca juga: Apa Itu Hosting

    Lalu mana yang lebih baik sebetulnya?

    Menurut saya pribadi kedua jenis blog tersebut sama-sama bagus untuk menghasilkan uang, asal semua konten yang disajikan adalah konten yang berkualitas. Dan juga dari segi baclink yang ada di dalamnya adalah backlink yang natural.

  1. Company Profile
    Sekarang sudah banyak perusahaan yang mulai mengalihkan media promosi mereka ke media online. Banyak yang sudah mulai membagun blog untuk perusahaanya. Untuk itulah blog jenis ini jarang sekali yang menampilkan iklan pihak ketiga di blog bereka.Tujuan mereka membangun blog ini adalah selain untuk branding produk mereka juga untuk menginformasikan produk-produk baru mereka ke para pelanggan atau bisa juga untuk menjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan para customer mereka.Dengan begitu mereka tidak perlu mengeluarkan badget yang besar untuk promosi produk mereka tapi cukup mereka buat artikel atau posting di halaman blog mereka.Dua contoh yang masuk jenis blog ini adalah The Infolinks Blog dan The Payoneer Blog.
  1. Dummy Blog
    Dummy blog adalah blog yang di buat asal-asalan, biasanya blog seperti di buat hanya untuk tujua mencari baclink dan SEO. Jadi blog seperti ini tidak memperhatikan sama sekali kualitas kontenya. Blog-blog seperti ini biasanya juga bisa di buat dengan sebuah aplikasi atau software tertentu.Software ini akan bekerja dengan mengambil konten dari blog orang lain. Makanya blog seperti ini banyak mendapat komplain dari pemilik blog yang konten mereka di curi oleh para pemilik blog spam ini.Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.Karena cara pembuatanya sangat mudah dan asal-asalan blog jenis ini juga mudah sekali kena tendang oleh mesin pencari. Karena konten yang mereka miliki juga tidak bermutu alias copy paste.

Jadi untuk anda yang ingin serius menekuni dunia blogging, saya sangat menyarankan anda untuk membangun blog jenis 1-4. Untuk jenis blog ke 5 silahkan abaikan saja ya.

Nah, sobat netter sekalian dengan mengetahui ke 5 jenis blog yang perlu anda ketahui diatas, semoga temen-temen bisa mendapat gambaran jenis blog apa yang ingin anda buat. Saya pribadi sampai saat ini baru memiliki satu blog pribadi, yaitu blog sedang anda baca sekarang ini.

Bagaimana dengan Anda? apa sudah membuat blog anda?

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *